Cuaca Ekstrem, 4 Pesawat Gagal Mendarat di Bandara Soetta Hari Ini

Bandara
Ilustrasi cuaca ekstrem di Bandara. | ist

FORUM KEADILAN – Sejumlah penerbangan mengalami gangguan saat mencoba mendarat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) hari ini, Minggu, 1/1/2023. Setidaknya ada empat penerbangan yang mengalami pengalihan penerbangan akibat cuaca ekstrem.

“Pada 1 Januari 2023 terdapat empat penerbangan tujuan Bandara Soekarno-Hatta yang menjalani proses diverted ke bandara lainnya sebagai langkah antisipasi cuaca. Prosedur ini dijalani demi keselamatan penerbangan,” ujar Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Bacaan Lainnya

Awaluddin menjelaskan, peristiwa itu disebabkan oleh cuaca ekstrem yang melanda sejumlah wilayah Indonesia beberapa hari terakhir. Sejumlah prosedur keamanan pun dilakukan dalam mengatasi hal tersebut.

“AP II, maskapai dan AirNav Indonesia juga memperhatikan prosedur delay (penundaan keberangkatan), kemudian divert (pengalihan penerbangan), serta prosedur bagi pesawat untuk kembali ke apron (return to apron/RTA) dan pesawat kembali ke bandara (return to base/RTB),” jelasnya.

Awaludin mengatakan selama libur Nataru mulai dari 19-31 Desember 2022, Angkasa Pura II mencatat ada 14 jadwal penerbangan yang terkendala akibat persoalan cuaca ekstrem.

Tercatat, ada 1,69 juta pergerakan penumpang yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta. Awaluddin memprediksi arus balik libur Nataru di Bandara Soekarno-Hatta akan terjadi pada Senin, 2/1/2023, dengan estimasi penumpang mencapai 220 ribu orang dan 1.600 penerbangan.

“Puncak arus kedatangan ada pada 2 Januari 2022, kami mengimbau agar penumpang pesawat dapat mengatur waktu sehingga dapat memperoses keberangkatan dengan baik,” jelas Awaluddin.*