AFF 2022, Timnas Indonesia vs Thailand Skor 1-1

Pesepak bola Timnas Witan Sulaeman (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Theerathon Bunmathan (kedua kiri) pada pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis 29/12/2022. | Antara

FORUM KEADILAN – Timnas Indonesia hanya mampu bermain imbang 1-1  dengan timnas Thailand. Bermain di kandang sendiri di Stadion Utama Gelora Bung Karno  (GBK) Jakarta, Kamis, 29/12/2022, Tim Garuda gagal memetik kemenangan.

Timnas Indonesia berhasil unggul terlebih dahulu berkat penalti Marc Klok di awal babak kedua. Namun Sarach Yooyen berhasil menyamakan kedudukan di menit 79.

Bacaan Lainnya

Berkat hasil imbang ini, Timnas Thailand masih bertengger di puncak klasemen grup A dengan raihan tujuh poin. Sementara timnas Indonesia bertengger di posisi kedua dengan raihan poin yang sama, namun kalah selisih gol.

Timnas Indonesia langsung tancap gas. Baru beberapa detik laga dimulai, Timnas Indonesia mengancam melalui tembakan Witan Sulaeman di kotak penalti Thailand, namun bola masih bisa ditangkap oleh Phuthawchueak.

Pertandingan menjadi bertambah seru. Karena Thailand memberikan respon dan melepaskan sejumlah tekanan ke kotak penalti Indonesia.

Di menit ke-24, Egy mendapatkan umpan silang yang bagus dari Pratama Arhan. Sayangnya sundulannya masih melayang di atas mistar gawang Thailand.

Di menit ke-38, Timnas Indonesia harusnya sudah unggul 1-0 atas Thailand. Memanfaatkan kesalahan kiper Thailand, Witan berhasil merebut bola dari kaki Phuthawchueak dan berhasil berhadapan dengan gawang kosong. Namun sayang sontekannya masih melebar dari gawang Thailand.

Jual beli serangan terus berlanjut, namun skor 0-0 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Memasuki babak kedua, timnas Indonesia kembali mengambil inisiatif serangan. Anak asuh Shin Tae-Yong langsung tancap gas untuk mencetak gol.

Baru tiga menit laga berjalan, skuat Garuda mendapatkan hadiah penalti setelah tendangan Asnawi mengenai tangan Theerathon. Marc Klok yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses menuntaskan tugasnya dengan baik sehingga Indonesia unggul 1-0 atas Thailand.

Gol Klok itu membuat Skuat Garuda semakin percaya diri. Anak asuh Shin Tae-Yong itu semakin agresif untuk menyerang pertahanan Thailand.

Skuat Garuda semakin berada di atas angin setelah Thailand harus bermain dengan 10 pemain di menit ke-62. Sanrawat Dechmitr melakukan pelanggaran keras ke kaki Ricky Kambuaya sehingga wasit langsung mencabut kartu merah untuk sang pemain.

Meski tertinggal dan kalah jumlah pemain, Timnas Thailand tidak patah arang. Skuat Gajah Perang bertahan dengan rapat dan sesekali melakukan serangan balik.

Taktik Polking ini terbukti jitu. Di menit 79 Thailand berhasil menyamakan kedudukan. Melalui skema serangan balik, Sarach Yooyen bergerak ke tengah dari sisi kiri dan melepaskan tembakan keras. Bola sempat mengenai kaki Asnawi sebelum bola masuk ke gawang Nadeo. Skor sama kuat 1-1.

Di masa injury time, timnas Indonesia punya peluang untuk menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Marc Klok dari luar kotak penalti. Namun sayang tembakannya tepat mengarah ke kiper Thailand. Skor 1-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

 

Susunan Pemain Kedua Tim

Timnas Indonesia (4-2-3-1):  Nadeo Argawinata; Pratama Arhan, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam; Rachmat Irianto, Marc Klok; Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Yakob Sayuri; Dendy Sulistyawan

Pelatih: Shin Tae-Yong

Timnas Thailand (4-5-1): Kittipong Phuthawchueak; Sasalak Haiprakhon, Kritsada Kaman, Pansa Hemviboon, Suphanan Bureerat; Bordin Phala, Saarach Yooyen, Theerathon Bunmathan, Ekanit Panya, Channarong Promsrikaew; Teerasil Dangda

Pelatih: Alexandre Polking*