FORUM KEADILAN – Sebanyak 1,4 juta tiket kereta api jarak jauh masa liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) ludes terjual, hingga Selasa, 27/12/2022. Artinya, lebih dari separuh tiket kereta api atau 59 persen dari total 2,4 tiket yang disediakan PT KAI sudah terjual.
Juru Bicara PT KAI Joni Martinus, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) pada masa libur Nataru 2022-2023 dari 22 Desember 2022-8 Januari 2023, total tiket KA Jarak Jauh yang dijual yaitu sebanyak 2,4 juta tiket. Namun, jumlah itu masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung.
Joni mengatakan, untuk puncak arus mudik Nataru 2022-2023 telah terjadi pada 23/12/2022 lalu. Pada tanggal itu, terdapat 154.920 orang yang berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dari berbagai tujuan untuk berlibur ataupun pulang ke kampung halaman.
“Jumlah pelanggan tersebut okupansinya mencapai 114 persen dimana KAI pada tanggal 23 Desember menyediakan sebanyak total 135.339 tempat duduk KA Jarak Jauh. Untuk melayani pelanggan pada puncak libur Natal ini, KAI mengoperasikan 236 KA Jarak Jauh,” kata Joni, dikutip dari Liputan6.com, Selasa, 27/12/2022.
Jumlah pelanggan KA Jarak Jauh tersebut meningkat 21 persen dibandingkan keberangkatan tanggal 22 Desember, dimana KAI melayani 128.224 pelanggan KA Jarak Jauh.
Selanjutnya pemesanan tiket diprediksi akan kembali meningkat saat Libur Tahun Baru 2023 pada keberangkatan 1 Januari 2023.
Sampai dengan saat ini berdasarkan data penjualan maka puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 1 dan 2 Januari 2023.
Mayoritas pengguna KA Jarak Jauh melakukan perjalanan pada puncak libur Natal tersebut dengan keberangkatan dari Jakarta disusul kota-kota besar lainnya.
Rinciannya, terdapat 17 ribu pelanggan KA Jarak Jauh yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 14 ribu pelanggan KA JJ dari Stasiun Gambir, 11 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Bandung, 10 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Surabaya Gubeng, dan 6 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Pasar Turi.
Adapun relasi favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Bandung, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Purwokerto, Bandung-Jakarta, Bandung-Surabaya, Surabaya-Yogyakarta, dan lainnya.
“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak menggunakan kereta api di masa libur Natal dan Tahun Baru ini untuk merencanakan perjalanan dengan baik, karena ketersediaan tiket masih cukup banyak,” ungkap Joni.
Tipikal pelanggan sekarang ini adalah membeli tiket dengan tempo mendekati tanggal keberangkatan seperti pada H-2, H-1, bahkan melakukan pembelian langsung (go show) di hari keberangkatan.
Melihat tren pengguna kereta terbaru itu, Joni mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket kereta api di aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.*