BMKG Prediksi Hujan Lebat di Seluruh RI hingga Tahun Baru, Waspada Banjir

Ilustrasi hujan | Ist

FORUM KEADILAN – Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi seluruh wilayah Indonesia akan diguyur hujan lebat hingga sangat lebat selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2023. BMKG meminta masyarakat waspada bencana seperti banjir dan longsor.

“BMKG memprakirakan seluruh wilayah Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat hingga sangat lebat selama periode Natal dan Tahun Baru 2023,” tulis BMKG lewat akun Twitter resmi @InfoHumasBMKG, Selasa (27/12/2022).

Bacaan Lainnya

BMKG memprediksi hujan dengan intensitas lebat bakal terjadi hingga 1 Januari 2023. Ada sejumlah daerah yang diminta mewaspadai hujan dengan intensitas signifikan.

“Potensi hujan lebat hingga sangat lebat di wilayah Banten, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTB, NTT, Sulsel, Sultra dan Maluku,” demikian keterangan dalam video yang diunggah BMKG.

Selain itu, BMKG juga memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat terjadi di Aceh, Lampung, Sumsel, Jakarta, Kalteng, Kalsel, Malut, Papua Barat dan Papua.

Kepala BMKG Dwikorita menyebut peningkatan curah hujan dipicu dinamika atmosfer.

“Peningkatan aktivitas monsun Asia yang memicu pertumbuhan awan hujan secara siginifikan,” ucapnya.

Dwikorita meminta masyarakat selalu memantau prakiraan cuaca dari BMKG. Dia juga mengingatkan masyarakat selalu waspada terhadap potensi cuaca ekstrem.

“Waspadai risiko terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi sangat besar terjadi,” demikian peringatan dari BMKG.*

banner 468x60