Dasco Bantu Pemulangan 34 WNI Korban Perusahaan Online Scam di Kamboja

Sufmi Dasco Ahmad
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. | Ist

FORUM KEADILAN – Kuasa hukum 34 WNI yang diduga ditipu perusahaan online scam di Poipet, Kamboja, Marchelino Mewengkang, dari Membara Law Firm, menyebut Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad membantu proses pemulangan mereka. Pemulangan ke-34 WNI mengalami hambatan.

“Kami dari Membara Law Firm berkoordinasi dengan Sufmi Dasco Ahmad Fraksi Gerindra memfasilitasi kepulangan 34 WNI, di antaranya 33 warga Sulut, dari Kamboja ke Jakarta dan Jakarta ke Manado, begitu juga 1 warga Palembang dari Kamboja ke Jakarta dan Jakarta ke kota Palembang,” ujar Marchelino dalam keterangan tertulis, Minggu, 25/12/2022.

Bacaan Lainnya

Marchelino menyebutkan kepulangan 34 WNI dari Kamboja ke Indonesia dijadwalkan pada 26, 27, dan 28 Desember 2022. Marchelino mengatakan biaya tiket kepulangan 34 WNI tersebut sepenuhnya ditanggung Dasco.

“Setelah kami melaporkan kondisi terakhir para WNI ini, Pak Dasco langsung meminta data-data mereka untuk dibelikan tiket pesawat, sempat kaget dan meneteskan air mata, pasalnya para WNI ini memang tidak memiliki dana yang cukup untuk kerinduan mereka bertemu dengan keluarga di libur Natal dan tahun baru ini,” kata dia.

“Hasil koordinasi dengan kuasa hukum dari Membara Law Firm dijadwalkan kepulangan ke Kota Manado sebelum tahun baru 2023,” imbuh Marchelino Mewengkang.

Marchelino mengatakan para korban mulanya dijanjikan pekerjaan sebagai customer service legal. Setelah sampai di Kamboja, pekerjaan yang didapat berbeda dari janji awal.

“Pekerjaan scammer. Mereka tidak tahan dengan pekerjaan seperti itu, mereka meminta perusahaan memulangkan mereka tetapi tidak diizinkan dan mereka dimintai denda Rp30 juta. Mereka tidak punya uang dan mereka mencoba bertahan bekerja di perusahaan itu,” kata dia.

Terikat Kontrak

Polisi menyebut 34 WNI ini terikat kontrak dengan perusahaan online scam di Poipet, Kamboja.

“Hasil wawancara singkat terhadap dua orang, kami dapatkan mereka ternyata ada kontrak terhadap perusahaan. Mereka direkrut oleh agen perusahaan Dinshen Group,” kata Kepala Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri Irjen Krishna Murti dalam keterangannya, Jumat, 16/12/2022.

Krishna mengatakan dari jumlah total WNI yang disekap, rata-rata mereka bekerja dalam kurun waktu 1-4 bulan lamanya. Krishna menyebut ke Kamboja masuk melalui Batam-Malaysia-Thailand.

“Mereka ada yang 4 bulan dan yang paling cepat 1 bulan bekerja. Mereka masuk melalui Batam, Malaysia, Thailand, dan Menuju Poipet,” ujarnya.

Krishna menambahkan, rata-rata penghasilan mereka berkisar di angka 800 USD atau setara dengan Rp 12,5 juta rupiah.

“Penghasilan rata-rata 800 USD,” imbuhnya.

KBRI Phnom Penh melaporkan sebanyak 34 WNI korban penipuan dan penyekapan perusahaan online scam itu diselamatkan di Poipet, Kamboja. KBRI Phnom Penh lewat keterangan yang dibagikan Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia, Judha Nugraha, mengatakan seluruh WNI tersebut diselamatkan pada Jumat, 9/12/2022, waktu setempat.

“Tanggal 9 Desember 2022, seluruh 34 WNI telah berhasil diselamatkan oleh pihak berwenang Kamboja. Ke-34 WNI tersebut saat ini berada di Kantor Kepolisian Poipet dan sedang menjalani wawancara untuk proses penyelidikan. Proses ini diperkirakan selesai dalam waktu satu minggu, sebelum mereka diserahkan kepada KBRI Phnom Penh untuk proses repatriasi,” ujar Judha dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu, 10/12/2022.

Judha mengatakan penyelamatan itu berawal dari adanya pengaduan dari salah satu WNI yang mewakili 34 WNI kepada KBRI Phnom Penh pada 8 Desember 2022. Setelah mendapat pengaduan tersebut, KBRI Phnom Penh segera berkoordinasi dengan otoritas setempat.*

 

banner 468x60