Putin Ingin Akhiri Perang dengan Ukraina

Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin. | ist

FORUM KEADILAN – Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut pihaknya ingin mengakhiri perang di Ukraina dan menyerukan solusi diplomatik.

Putin mengatakan, peperangan hanya menyebabkan kerugian. Menurutnya, semua konflik bersenjata pasti berakhir dengan solusi diplomatik dan negosiasi.

Bacaan Lainnya

“Saya telah mengatakan berkali-kali, intensifikasi permusuhan menyebabkan kerugian yang tidak dapat dibenarkan,” kata Putin kepada wartawan di Moskow pada Kamis, 22/12/2022.

Dia ingin segera mengakhiri serangan Rusia ke Ukraina dalam waktu dekat.

“Tujuan kami bukan untuk memutar roda konflik militer, tetapi sebaliknya, untuk mengakhiri perang ini. Kami akan berusaha mengakhiri (perang) ini, tentu saja lebih cepat lebih baik,” paparnya menambahkan.

Namun, pernyataan Putin yang dinilai kontras dengan apa yang terjadi di medan perang ini muncul sehari setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Washington.

Pada kesempatan itu, Biden menyatakan AS menggelontorkan bantuan tambahan senilai hampir Rp28 triliun bagi Ukraina, termasuk mengirim sistem rudal Patriot yang selama ini diidam-idamkan Kyiv.

Merespons hal itu, Putin meremehkan rudal Patriot AS akan memberikan dampak signifikan terhadap perlawanan tentara Ukraina terhadap pasukannya. Putin mengklaim tentaranya akan menemukan cara untuk melawannya.

“Jadi mereka yang melakukannya sia-sia, itu hanya akan memperpanjang konflik,” ujar Putin seperti dikutip Reuters.

Putin mengklaim Rusia selama ini terbuka untuk negosiasi. Ia justru menuding Ukraina yang selama ini menolak berdialog.

“Semua konflik bersenjata berakhir dengan satu atau lain cara dengan semacam negosiasi di jalur diplomatik,” kata Putin.

“Cepat atau lambat, pihak mana pun dalam keadaan konflik akan duduk dan membuat kesepakatan. Semakin cepat kesadaran ini datang kepada mereka yang menentang kita, semakin baik. Kami tidak pernah menyerah dalam hal ini,” ujarnya lagi.*