Jokowi Resmikan Bendungan Ciawi Bogor untuk Kurangi Banjir Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 23/12/2022. | Ist

FORUM KEADILANPresiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jokowi mengatakan bendungan ini bakal mengurangi banjir di Jakarta.

“Untuk Ciawi dan Sukamahi, Bendungan Ciawi ini adalah bendungan kering dry dam,” kata Jokowi di Bogor, Jawa Barat, Jumat, 23/12/2022.

Bacaan Lainnya

Jokowi mengatakan pembangunan Bendungan Ciawi sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Bendungan ini menghabiskan anggaran satu triliun rupiah.

“Ini sudah dimulai tahun pembangunannya tahun 2016 menghabiskan anggaran Rp 1,3 triliun. Dan bisa menampung kurang lebih 6,05 juta meter kubik,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan Bendungan Ciawi dan Sukamahi akan mengurangi banjir di Jakarta. Sekitar 12 kelurahan yang bakal tak kena banjir lagi.

“Ciawi dan Sukamahi bisa nanti akan mereduksi dari 464 juta meter kubik menjadi 318 juta meter kubik. Kurang lebih nanti 12 kelurahan yang akan menjadi tidak terdampak lagi karena adanya waduk Ciawi dan Sukamahi ini,” ujar dia.

Hadir dalam acara peresmian Bendungan Ciawi ini Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR Hadi Tjahjanto, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.*