Cuaca Buruk, ASDP Tutup Sementara Penyeberangan Merak-Bakauheni

Dermaga penyebarangan merak
Suasana di Dermaga eksekutif Merak. | ist

FORUM KEADILAN – Cuaca buruk melanda perairan Selat Sunda sejak Kamis, 22/12/2022. Oleh sebab itu, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memutuskan untuk menutup sementara aktivitas pelayaran di lintas Pelabuhan Merak-Bakauheni.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan, berdasarkan informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Kamis, 22/12/2022, pukul 19.00, perairan tidak kondusif untuk dilakukan pelayaran.

Bacaan Lainnya

“Sehubungan dengan hal tersebut, manajemen ASDP menetapkan bahwa keberangkatan kapal ditunda hingga cuaca dinyatakan aman untuk kapal berlayar,” kata¬† Shelvy melalui keterangan tertulisnya.

Shelby bilang, pada Desember ini curah hujan umumnya mengalami peningkatan, yang berdampak terjadinya gelombang tinggi dan angin kencang di sejumlah lintasan penyeberangan.

Oleh karenanya, PT ASDP terus berkoordinasi secara intensif khususnya dengan BMKG, kepolisian/TNI, dan otoritas pelabuhan setiap kali sebelum kapal ferry melakukan pelayaran agar perjalanannya aman dan lancar sampai tujuan.

“Manajemen secara aktif dan berkelanjutan menyampaikan informasi kepada pengguna jasa jika terdapat keterlambatan pelayanan yang timbul dikarenakan cuaca ekstrim,” ujar Shelvy.

PT ASDP mengimbau kepada seluruh pengguna jasa kapal ferry khususnya lintasan tersibuk, Merak-Bakauheni, agar tetap berhati-hati saat melakukan penyeberangan.

“Waspadai cuaca buruk, dan pastikan kondisi stamina dan kendaraan agar tetap sehat dan prima,” ujar Shelvy.*