Survei Capres SMRC: Ganjar Masih Teratas, Anies Geser Prabowo

HASIL SURVEI SMRC-01-01-01-01 | Forum Keadilan-Ghiffari
HASIL SURVEI SMRC-01-01-01-01 | Forum Keadilan-Ghiffari

FORUM KEADILANGanjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto masih menjadi tokoh papan atas dalam survei elektabilitas capres lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Ganjar Pranowo berada di posisi puncak, sedangkan Anies Baswedan berada di posisi kedua menggeser posisi Prabowo di survei sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Survei elektabilitas capres SMRC yang terbaru dilakukan pada 3-11 Desember 2022 dengan total sampel 1.029 responden.

Survei dilakukan dengan memilih sampel secara acak dengan metode multistage random sampling.

Responden terpilih kemudian diwawancarai secara tatap muka. Margin of error dari survei ini +-3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menjelaskan, dalam survei nama capres terbuka, ada 45 nama yang muncul. Tiga nama teratas dalam survei yakni Ganjar, Anies, dan Prabowo.

Hasilnya, Ganjar mendapat suara 26,5% dengan menduduki posisi pertama. Urutan kedua ada Anies dengan suara 18,6%, sementara posisi ketiga diisi Prabowo dengan suara 16,8%.

“Masih konsisten dari survei sebelumnya ada 3 nama yang paling kompetitif, yaitu Ganjar, Anies, dan Prabowo. Kalau kita bandingkan jaraknya Ganjar dan Anies selisih 8 persen, yang artinya signifikan, kita cukup yakin bahwa Ganjar di survei Desember ini elektabilitasnya memang paling tinggi gitu. Anies dan Prabowo terpaut cukup dekat sekitar 1,8 persen, tidak bisa disimpulkan mana yang lebih unggul,” kata Deni dalam pemaparan rilis yang ditayangkan di YouTube SMRC, Selasa, 20/12/2022.

Deni mengatakan Prabowo merupakan ketua partai yang paling berpotensi maju capres, dibanding tokoh-tokoh partai lain, misal Airlangga Hartarto dan Puan Maharani.

“Tapi yang menarik tentu adalah selain Prabowo Subianto yang merupakan ketua partai, ketua-ketua partai atau tokoh inti partai lain masih belum kompetitif ya, misal Puan Maharani, Airlangga Hartarto itu jauh di bawah perolehan tiga nama ke atas,” ujarnya.

Secara tren, jika dibandingkan dengan survei SMRC November 2022, Deni menyebut Ganjar dan Prabowo mengalami penurunan sedangkan Anies naik. Meski begitu, Ganjar tetap menempati posisi teratas, sedangkan Anies yang sebelumnya berada di posisi ketiga berhasil menggeser Prabowo menjadi posisi kedua.

“Tiga teratas dibanding sebelumnya itu di survei November posisi kedua masih Prabowo, sekarang di Desember posisi kedua ditempati Anies,” ujarnya.

Elektabilitas ketiganya pada survei November: Ganjar Pranowo 26.7%, Prabowo Subianto 18,8%. dan Anies Baswedan 17,0%.*