Serah Terima Jabatan Panglima TNI, Andika dan Yudo Salam Komando

Jenderal Andika Prakasa dan Laksamana Yudo Margono salam komando. | Ist

FORUM KEADILAN – Upacara serah terima jabatan Panglima TNI dilakukan hari ini. Jenderal Andika Perkasa resmi melepas jabatannya sebagai Panglima TNI dan digantikan oleh Laksamana TNI Yudo Margono.

Upacara serah terima jabatan dilakukan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, 20/12/2022.

Bacaan Lainnya

Acara dimulai dengan pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serah terima jabatan.

“Memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa dari jabatannya sebagai Panglima TNI disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut,” bunyi Keppres yang dibacakan.

Sejumlah pejabat turut hadir salah satunya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menko Polhukam Mahfud Md. Selain itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman hingga Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo juga terlihat.

Dalam upacara serah terima jabatan hari ini, bertugas sebagai komandan upacara Kolonel Pnb Agni Prayogo yang menjabat sebagai Komandan Wing Udara 4 Lanud Atang Sandjaja Bogor dan perwira upacara Kolonel Marinir Mauriadi yang menjabat sebagai Paban IV Watpers Spers TNI.

Upacara tersebut juga terdiri dari enam pasukan setingkat Kompi. Mulai dari pasukan Polisi Militer TNI, Koopsus TNI, pasukan TNI AD, pasukan TNI AL, Pasukan TNI AU, hingga pasukan PNS.

Dalam upacara hari ini juga turut dipamerkan berbagai Alutsista TNI. Di antaranya dua unit Anoa PMPP, dua unit Panser V 150 NI AD, dua unit Mistral TNI AD dan empat unit Atav Kopassus. Selain itu ada dua unit Howizert TNI AL, satu unit ISLV TNI AL, dua unit APC Turangga TNI AU, satu unit ISLV TNI AU dan dua unit ISLV Denma Mabes TNI.

Laksamana Yudo Margono resmi menjadi Panglima TNI. Laksamana Yudo Margono dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 19/12/2022 Pelantikan Laksamana Yudo Margono diawali pembacaan keputusan presiden tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan.

 

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Laksamana Yudo Margono.

Hadir dalam pelantikan ini Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri hingga Ketua DPR Puan Maharani. Hadir juga mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.*