Ganjar Pranowo Diabadikan Jadi Nama Bunga Anggrek

SERTIFIKAT bunga anggrek Dendrobium Ganjar Pranowo. | Ist

FORUM KEADILAN – Nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) diabadikan menjadi nama jenis bunga anggrek, yakni Dendrobium Ganjar Pranowo. Bunga anggrek merah itu bersertifikat resmi dari The Royal Horticultural Society Inggris.

Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Orchid Yopi Khan menjelaskan Dendrobium Ganjar Pranowo merupakan silangan dari anggrek jenis Den Danish dengan Den Kraikan Sirirungsi. Jenis baru dari kedua bunga ini menyimbolkan cinta, kemewahan dan keindahan.

Bacaan Lainnya

Yopi menuturkan pihaknya sudah sejak 2018 melakukan penyilangan jenis anggrek. Yopi menyebut saat ini anggrek-anggrek itu telah berbunga.

“Sekarang sudah berbunga. Dan bunga itu sudah kami daftarkan di society holticulture di Inggris. Nah, pada tahun ini, kami bisa mendaftarkan lima anggrek silangan kami,” jelas Yopi dalam keterangan tertulis, Senin, 19/12/2022.

Yopi mengatakan satu di antara lima anggrek tersebut didedikasikan untuk Ganjar Pranowo. Sementara empat lainnya untuk mantan Rektor UGM.

“Yang empat itu untuk mantan-mantan rektor kami. Nah, Kagama Orchid itu secara struktural ada di PP Kagama, maka kami juga mendedikasikan satu ini untuk ketua PP Kagama kami yang kebetulan adalah Pak Ganjar Pranowo,” terang Yopi.

Ia menjelaskan anggrek Dendrabium Ganjar Pranowo dipilih dari anggrek pilihan untuk silangan. Bunga ditanam oleh petani anggrek di daerah Batu dan Malang, Jawa Timur.

“Warna bunganya ini merah. Tanpa mempunyai tendensi apa-apa, tapi yang keluar nuansanya merah. Jadi memang nanti tetap kita kembangkan, kita sebarkan sebagai bagian koleksi di Indonesia,” ujar Yopi.*