50 Pohon Tumbang akibat Hujan dan Angin Kencang di Tangsel

Pohon tumbang di Alam Sutera, Serpong Utara, Tangerang Selatan. (DOK BPBD TANGSEL)

FORUM KEADILANHujan lebat disertai angin kencang terjadi di sejumlah wilayah Tangerang Selatan (Tangsel). Imbasnya, sekitar 50 pohon roboh di kawasan Alam Sutera, Serpong Utara, Tangsel.

“Perkiraan pohon tumbang di kawasan Alam Sutera kurang lebih 50 pohon dan bisa lebih,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangsel M Faridzal Gumay, Sabtu, 17/12/2022.

Bacaan Lainnya

Faridzal menyebut puluhan pohon tumbang itu menyebabkan terhalangnya akses jalan. Sebab, sejumlah pohon tumbang ini menutupi sebagian sisi jalan.

“Dampak kejadian, (pohon) tumbang ke bahu jalan, akses jalan terhalang oleh pohon yang tumbang,” katanya.

Faridzal mengatakan angin kencang dan hujan deras jadi penyebab puluhan pohon tumbang. Pihak BPBD Tangsel juga telah melakukan upaya membersihkan pohon tumbang dari jalan agar akses jalan kembali bisa dibuka.

“Penyebab dipicu hujan dengan intensitas deras disertai dengan angin kencang sehingga pohon tidak dapat menahan,” kata Faridzal.

“Upaya yang dilakukan melakukan pemotongan dan pembersihan pohon yang tumbang dan kembali membuka akses jalan yang terhalang pohon tumbang,” ujarnya.

Hingga pukul 17.55 WIB pohon tumbang belum selesai dibersihkan. Namun, BPBD Tangsel memastikan tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut.

“Korban jiwa akibat pohon tumbang nihil,” pungkas Faridzal.*