Cangkul Sawah, Petani Tasikmalaya Temukan Mortir Sebesar Lengan Manusia

Mortir
Mortir yang ditemukan petani di Tasikmalaya. | ist

FORUM KEADILAN – Sedang asik mencangkul sawah, seorang petani di Tasikmalaya, Jawa Barat, malah menemukan sebuah mortir. Petani bernama Suherman (62), mengaku kaget saat menemukan benda asing seukuran lengan manusia di sawah milik majikannya, pada Selasa, 13/12/2022, kemarin.

Mortir itu terlihat bagian luarnya sudah berkarat. Saat ditemukan, mortir terbungkus kantung plastik berwarna hitam.

Suherman yang penasaran lantas membawa benda tersebut ke rumah tetangganya, Dian Ardiansyah (38).

Melihat benda itu, Dian Ardiansyah pun kaget sampai ketakutan karena mencurigai benda itu bahan peledak mortir.

Dian dan Suherman lalu menyimpan benda itu di area pesawahan dekat rumahnya, kemudian menghubungi Kepolisian Polsek Rajapolah Polresta Tasikmalaya.

“Iya, benda itu mirip bom (diduga mortir aktif) sebesar lengan manusia terbungkus plastik hitam saat mencangkul di sawah. Saya kan gak tahu, saya bawa ke tetangga dan kaget karena ternyata barang berbahaya. Lalu lapor polisi,” jelas Suherman, dikutip dari Kompas.com, Rabu, 14/12/2022.

Kapolsek Rajapolah Ajun Komisaris Polisi (AKP) Iwan Sujarwo membenarkan adanya temuan diduga bahan peledak jenis mortir oleh seorang petani di wilayahnya, Selasa kemarin.

Iwan bilang, usai menerima laporan, pihaknya langsung mendatangi lokasi kejadian pada malam harinya untuk mengamankan benda diduga mortir supaya tak terjadi hal yang tak diinginkan.

“Mulanya petugas piket siaga Reskrim Polsek Rajapolah menerima laporan warga. Kita langsung datang ke lokasi dan mengamankan benda (diduga mortir) itu sambil meminta keterangan para saksi,” kata Iwan, Rabu siang.

Benda diduga mortir itu saat ini masih diamankan di Markas Polsek (Mapolsek) Rajapolah menunggu tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Jawa Barat.

“Sudah diamankan dari warga, kita masih menunggu tim Jibom (Polda Jabar) ke Tasikmalaya. Kita sudah laporkan sejak semalam,” pungkas Iwan. *