Kemenag Tegaskan Al-Qur’an Salah Cetak Terbitan BWA Sudah Ditarik

Ilustrasi Al Qur'an.

FORUM KEADILAN Kementerian Agama (Kemenag) RI menegaskan sudah menegur penerbit dan menarik Al-Qur’an salah cetak. Hal ini disampaikan karena masih menerima informasi soal kesalahan cetak pada mushaf Alquran yang diterbitkan Badan Wakaf Alquran (BWA).

“Pak Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas ini ada Al-Qur’an cetakan Kemenag RI, salah cetak di Surat Al Kahfi ayat 8. Huruf ع diganti ه. Saya tanyakan kepada para Kyai, betul bahwa telah terjadi kesalahan cetak. Mohon perhatian panjenengan,” bunyi pengunggah yang dikutip dari laman Kemenag RI, Minggu, 11/12/2022.

Bacaan Lainnya

Dalam situs resmi Kemenag, kesalahan cetak ayat itu dikatakan kembali beredar di media sosial. Ada salah satu pengunggah yang melapor kesalahan cetak itu. Kesalahan tercantum pada ayat 8 surat Al-Kahfi, yaitu kata lajaa’iluuna tertulis lajaahiluuna.

Baca juga:

PKB Targetkan Raih 100 Kursi DPR dalam Pemilu 2024

Kirab Kaesang-Erina, Tukang Becak Hingga Pengamen Dilibatkan

Menurut Kemenag, salah cetak di ayat tersebut sudah beredar 3 kali di media sosial. Dikatakan mushaf tersebut tidak melalui proses pentashihan di LPMQ (Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an).

“Mushaf tersebut tidak melalui proses pentashihan di LPMQ. Adapun Surat Tanda Tashih yang tercantum dalam mushaf tersebut adalah Surat Tanda Tashih untuk mushaf Ar-Rahman milik penerbit Mulia Abadi Bekasi,” lanjutnya berdasarkan siaran pers Kemenag, 13/4/2022.

LPMQ disebut sudah menyampaikan teguran dan peringatan berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 44 Tahun 2016 tentang Penerbitan, Pentashihan dan Peredaran Mushaf Al-Qur’an. LPMQ juga meminta penerbit Mulia Abadi Bekasi untuk melakukan penarikan.

“Sesuai dengan kewenangannya telah menyampaikan teguran dan peringatan serta memerintahkan untuk melakukan penarikan dan melarang mushaf tersebut untuk diedarkan,” bunyi keterangan itu.

“Jika masyarakat masih menemukan mushaf Al-Qur’an yang terdapat kesalahan tersebut, agar segera melaporkannya kepada LPMQ dan mengirimkan mushaf tersebut kepada penerbit Mulia Abadi yang beralamat di Jalan Mughni Raya, No. 107, Jatimekar, Jatiasih, Bekasi, Telepon (021) 84904159, WA 0811165370, email: [email protected], untuk diganti dengan mushaf Al-Qur’an yang sudah benar,” ujarnya.*