Prosesi Siraman, Jokowi Beri Pesan Ini untuk Kaesang Pangarep

FORUM KEADILAN – Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, menjalani prosesi sungkeman dan siraman di Solo, Jawa Tengah Jumat, 9/12/2022. Pada momen itu, Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan untuk putranya yang akan mempersunting Erina Gudono itu.

Jokowi berharap sang anak bisa langgeng dengan Erina Gudono.
Jokowi berpesan pernikahan sang putra itu bisa Sakinah Mawadah dan Waromah.

Bacaan Lainnya

“Ya intinya Kita sebagai orang tua mengharapkan dan juga mendoakan agar keluarga Mas Kaesang dan Mbak Erina ke depan bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawadah warohmah,” kata Jokowi, Jumat, 9/12/2022.

Jokowi mengatakan, prosesi siraman Kaesang berjalan dengan lancar dan khidmat. Siraman ini merupakan tradisi menyiram atau mengguyur calon pengantin dengan air kembang.

“Alhamdulillah tadi prosesi untuk sungkeman dan prosesi untuk siraman sudah berjalan dengan baik, lancar,” ungkapnya.

Presiden dua periode itu juga memohon doa restu kepada masyarakat agar pernikahan Kaesang berjalan dengan lancar. Terlebih besok akan dilaksanakan ijab kabul.

“Dan kami sekeluarga memohon memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya baik midodareni kemudian besok ijab kabul kemudian dilanjutkan dengan tasyakuran di Pura Mangkunegaran semua bisa berjalan,” lanjut Jokowi.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga memberikan pesan yang menyentuh untuk putra bungsunya yakni Kaesang Pangarep sebelum melepas masa lajang.

Saat ditanya pesan yang disampaikan untuk putra bungsunya, Iriana sempat menahan tangis. Dengan memegang tangan kanan Kaesang, Iriana berharap sang putra bahagia.

“(Pesan untuk Kaesang) Selalu bahagia ya Le,” kata Iriana haru sembari menatap Kaesang.

Pesan dari Iriana itu langsung dijawab oleh Kaesang. “Ya,” kata Kaesang singkat.

Kaesang Pangarep akan menikah dengan Erina Gudono di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sabtu, 10/12/2022. Usai akad nikah, rangkaian acara dilanjutkan dengan kirab dan tasyakuran. Kirab dan tasyakuran akan digelar pada dua lokasi berbeda di Solo pada Minggu 11/12/2022.*