Elite PDIP Ingatkan Aturan Soal PAN Lamar Ganjar

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) dan Menteri BUMN Erick Thohir. (IST)

FORUM KEADILAN – Elite PDI Perjuangan (PDIP) merespon menuver Partai Amanat Nasional (PAN) yang mewacanakan duet Ganjar Pranowo dengan Erick Thohir di Pilpres 2024.

Politikus PDIP Deddy Sitorus mengatakan, dalam politik, manuver PAN sudah jadi hal yang biasa. Menurut dia, manuver PAN ingin mendapatkan keuntungan efek ekor jas atau coattail effect dari mencapreskan Ganjar.

Bacaan Lainnya

Namun, ia mengingatkan agar PAN juga mesti cermat karena status Ganjar merupakan kader PDIP. PDIP punya fatsun dan aturan dalam urusan penentuan capres dengan keputusan ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri.

“Saya berharap kepada teman-teman dari PAN agar berhati-hati. Karena itu tadi kebetulan yang diusung itu kan salah satu kader PDIP. Kita tahu dalam PDIP itu ada fatsun, ada aturan. Dan kesepakatan bahwa nama calon Presiden itu menjadi hak prerogatif dari ketua umum,” kata Deddy.

Dia mengatakan mestinya PAN juga ada komunikasi dengan Ketum PDIP Megawati. Sebab, kata dia, hal itu jadi esiensial dan determinan bagi PDIP. Meski manuver PAN yang inginkan Ganjar mesti dihormati sebagai hak internal partai politik.

“Karena itu usulan PAN, jadi internal PAN lah. Tapi, kami berharap juga supaya diperhatikan menjadi kontraproduktif dengan pengusulan Pak Ganjar. Meski sebagai dinamika ya silakan saja,” sebut Anggota DPR tersebut.

Kemudian, dia juga heran dengan pengusulan PAN terhadap Erick Thohir sebagai cawapres. Dia khawatir jika segala aktivitas Erick dikaitkan dengan politik maka bisa memukul balik sosok Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

“Kalau itu sekadar usulan dari bawah, elite its oke. Tapi, akan jadi problem ketika lalu semua apa yang dilakukan pak Erick itu dikaitkan dengan politik. Itu akan berdampak negatif oleh pak Erick sendiri,” ujar Deddy.

Sebelumnya, Ketum PAN Zulkifli Hasan menyampaikan pihaknya menampung  aspirasi dari DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) untuk mencalonkan Ganjar sebagai bakal capres PAN lewat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Zulhas menyampaikan demikian saat peluncuran bakal calon legislatif (Bacaleg) PAN se-Jawa Tengah di Kota Semarang, Jateng, Jumat 2 Desember 2022. Saat itu, hadir juga Ganjar bersama Erick Thohir.

“Tentunya DPP PAN akan mempertimbangkan dengan cermat aspirasi tersebut. Apalagi memang hasil sejumlah survei Gubernur Jateng Ganjar Pranowo itu selalu menempati posisi teratas 3 Capres 2024,” kata Zulhas dalam keterangan, Jumat 2/12/2022.

Zulhas juga beri sinyal keiginan agar Erick Thohir jadi cawapres pendamping Ganjar. Ia bilang sosok Erick sellau nyantol dan jadi pertimbangan PAN jadi cawapres.

“Nama Erick Thohir sebagai Cawapres 2024 juga mengemuka di sejumlah DPW PAN, dan selalu nyantol namanya pak Erick, kami pertimbangan matang semuanya,” ujar Zulhas.*