Imbas Erupsi Gunung Semeru 2 Wilayah Jepang Terancam Tsunami

Jepang terus memantau potensi ancaman tsunami di wilayah selatan negaranya imbas erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, pada Minggu, 4/12/2022 pagi. Ilustrasi. (Foto: AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

FORUM KEADILAN — Badan Meteorologi Jepang terus memantau ancaman gelombang tsunami yang meningkat di daerah pesisir negaranya imbas Gunung Semeru di Jawa Timur yang kembali erupsi pada Minggu, 4/12/2022, pagi.
Japan Meteorological Agency menuturkan gelombang tsunami bisa mencapai Prefektur Okinawa secepat-cepatnya sekitar 05.30 GMT.
Setidaknya ada dua wilayah di Okinawa yang disebut paling rawan jika erupsi Gunung Semeru benar-benar memicu gelombang tsunami ke kawasan itu. Kedua wilayah itu adalah Miyakojima dan Yaeyama.
Okinawa merupakan prefektur di bagian paling selatan Jepang. Prefektur Okinawa terdiri dari ratusan pulau yang disebut Kepulauan Ryukyu dan membentuk rantaian kepulauan yang panjangnya melebihi 1.000 km.
Prefektur Okinawa juga menjadi rumah dari pangkalan militer Amerika Serikat di Pasifik.
“Sekitar pukul 11.18 waktu lokal letusan besar terjadi pada Gungung Api Semeru. Jika tsunami terjadi oleh erupsi ini dan mencapai perkiraan waktu kedatangannya lebih awal (wilayah Miyakojima/Yaeyama) sekitar pukul 14.30 waktu Jepang pada tanggal 4 Desember,” bunyi peringatan Badan Meteorologi Jepang. *

 

Bacaan Lainnya