Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipastikan Rampung Sesuai Target

Kereta Cepat
Unit kereta listrik milik proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. | ist

FORUM KEADILAN – Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dipastikan akan rampung sesuai dengan target. Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rampimnas) Kadin 2022, Jumat, 2/12/2022.

Luhut memastikan, proyek pemerintah yang tengah digarap saat ini telah berjalan sesuai dengan perencanaan. Hal itu guna menampik kritikan terhadap pemerintah terkait dengan proyek yang tidak selesai.

Bacaan Lainnya

“Kereta api cepat kita jalan kemarin saya bicara semua akan selesai on schedule,” ujar Luhut.

Luhut bilang, pemerintah saat ini bahkan tengah mengkaji rencana pembuatan kereta cepat mulai dari Jakarta hingga ke Surabaya. Studi terkait rencana tersebut tengah berjalan sehingga nantinya dapat dieksekusi pada masa pemerintahan selanjutnya.

“Kita akan membuat studi yang jauh lebih bagus dari Jakarta-Bandung dan cost-nya jauh lebih berkurang,” ungkap Luhut.

Luhut juga sebelunnya sempat menegaskan bahwa proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan selesai sesuai target di hadapan Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping.

Luhut menegaskan bahwa Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tidak boleh molor. Dia memastikan proyek patungan Indonesia dan China itu akan rampung pada Juni 2023.

“Saya dan Menteri He Lifeng dari NDRC (National Development and Reform Commission) terus berkoordinasi dengan baik untuk memastikan penyelesaian proyek ini pada pertengahan tahun depan. Ini harus jadi dan tidak boleh mundur. Itu tekad saya pribadi untuk menyelesaikan ini,” kata Luhut. *