Polisi: Ferry Mursyidan Ditemukan Meninggal di Dalam Mobil-Parkiran Hotel

Ferry Mursyidan
Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan. | ist

FORUM KEADILAN – Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan ditemukan meninggal dunia di dalam mobilnya, di tempat parkir VIP Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan almarhum Ferry Mursyidan Baldan ditemukan pada Jumat, 2/12/2022, pukul 13.43 WIB.

Bacaan Lainnya

“Memang mobil itu parkir di VIP Hotel Bidakara dari semalam karena ada kegiatan PMI yang juga dihadiri Pak Jusuf Kalla dan dihadiri Pak Ferry Mursyidan Baldan juga,” kata Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat, 2/12/2022.

Selepas acara menghadiri acara PMI, mobil Ferry masih dalam kondisi terparkir di area parkir VIP Hotel Bidakara. Hingga akhirnya ditemukan petugas satpam. Lantas satpam Hotel Bidakara kemudian memeriksa dalam mobil tersebut melalui kaca jendela.

“Ternyata ditemukan ada orang terlihat seperti tertidur, kemudian digedor tidak ada respons. Diambillah langkah dibuka, ternyata ditemukan sudah meninggal dunia,” jelasnya.

Zulpan bilang, setelah dikeluarkan dari dalam mobil, Ferry Mursyidan Baldan langsung diperiksa dokter dan dinyatakan telah meninggal dunia. Pihak hotel kemudian menghubungi keluarga almarhum.

“Dari pihak keluarga tidak menghendaki dilakukan autopsi. Mungkin kemungkinannya karena sakit, saya tidak tahu karena jantung atau apa. Yang jelas tidak ditemukan adanya tindak pidana,” tuturnya.

Sementara itu, General Manajer Hotel Bidakara Jakarta Wisnu Reza dalam keterangan tertulisnya mengatakan, Ferry ditemukan meninggal di dalam mobilnya di area drop off Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara,

“Telah diketemukan sebuah mobil sedan hitam yang di dalamnya terdapat jenazah Bapak Ferry Mursyidan Baldan pada hari Jumat siang tanggal 2 Desember 2022 di area drop off Birawa Assembly Hall kompleks Bidakara,” kata Wisnu.

Wisnu mengatakan Ferry sempat mengikuti acara Wisuda Akademi Bakti Kemanusiaan (ABK) PMI. Acara itu digelar di Hotel Bidakara sehari sebelum jenazah Ferry ditemukan.

“Almarhum Bapak Ferry Mursyidan Baldan diketahui hadir dalam rangka acara Wisuda Akademi Bakti Kemanusiaan (ABK) PMI di Birawa Assembly Hall pada tanggal 1 Desember 2022,” ujarnya.

Dia menuturkan jenazah Ferry ditemukan usai adanya laporan dari pihak keluarga yang mencari keberadaan Ferry. Lantas, pihak hotel kemudian mencari keberadaan Ferry dan menemukannya sudah meninggal di dalam mobil.

“Pada tanggal 2 Desember 2022 pihak yang mewakili keluarga almarhum mendatangi pengelola kompleks Bidakara untuk mencari keberadaan almarhum, dan saat itulah baru diketahui bahwa almarhum berada di dalam kendaraan dan diketemukan dalam keadaan telah meninggal dunia,” tuturnya.

Kemudian, pihak hotel langsung menghubungi kepolisian. Saat evakuasi jenazah, mobil Ferry pun juga turut dibawa meninggalkan Hotel Bidakara.

“Atas kesepakatan antara pihak kepolisian dengan pihak keluarga di lokasi, jenazah langsung dibawa ke rumah duka didampingi oleh pihak keluarga dan disaksikan oleh pihak kepolisian. Dalam kesempatan itu dibawa serta mobil tersebut oleh pihak keluarga,” ucapnya.

Ferry Mursyidan adalah eks Menteri ATR yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 27 Juli 2016, pada Kabinet Kerja Joko Widodo. Ferry juga pernah duduk sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Partai Golkar dan Ketua Pansus RUU Pemilu Legislatif yang menghasilkan UU Pemilu untuk Pemilu 2004.*