Laksamana Yudo Margono Jalani Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Yudo Margono
Laksamana Yudo Margono menjalani fit and proper test calon Panglima TNI. | ist

FORUM KEADILAN – Laksamana Yudo Margono menjalani uji kelayakan atau fit and proper test calon Panglima TNI di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Jumat, 2/12/2022, pukul 13.50 WIB. Kedatangan Yudo didampingi sejumlah petinggi TNI dan Polri.

“Pertama-tama saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada ketua dan seluruh anggota Komisi I atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pandangan, pemikiran, visi dan misi saya dalam rangka uji kelayakan dan kepatutan panglima TNI,” kata Yudo Margono.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Profil dan Kekayaan Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Yudo tampak didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo dan juga jajaran Perwira dari Mabes TNI.

“Sebelumnya kami laporkan pada Bapak/Ibu semuanya, kami datang ke sini tadi Alhamdulillah diantar Bapak Kapolri, diantar oleh KASAD, diantar KSAU dan juga dari perwira tinggi Mabes TNI, Mabes angkatan yang semuanya memberi support, memberi dukungan kepada kami semuanya,” ujarnya.

Pada kegiatan yang berlangsung di ruang rapat Komisi I DPR RI itu, Yudo Margono mengingatkan pentingnya sinergitas guna membangun pertahanan negara.

“Upaya dalam membangun postur kekuatan pertahanan negara yang kuat dan tangguh, seluruh komponen kekuatan pertahanan negara perlu bersinergi,” kata Yudo.

Yudo menjelaskan, sinergi yang dimaksud termasuk dalam upaya pembangunan, pembinaan dan penggunaan kekuatan TNI sebagai komponen utama.

Yudo menilai, sinergitas yang terencana dengan baik mampu mewujudkan kekuatan pertahanan negara.

“Sehingga menjadi kekuatan pertahanan negara yang terintegrasi dan kokoh guna membentengi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Yudo.

KSAL Laksamana Yudo Margono diajukan menjadi calon tunggal panglima TNI, menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

Nama Yudo Margono diumumkan langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani setelah menerima surat presiden (surpres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diantarkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 28/11/2022, lalu. *

banner 468x60