Kamis, 17 Juli 2025
Menu

Tren Dikalangan Anak Muda ‘Doom Spending’ di Kalangan Milenial Hingga Gen Z

Redaksi
Ilustrasi Doom Spending | Ist
Ilustrasi Doom Spending | Ist
Bagikan:

FORUM KEADILAN – Munculnya fenomena baru yang terjadi dikalangan anak muda khususnya Milenial dan Gen-Z yaitu ‘Doom Spending‘. Fenomena ini terjadi karena adanya kesenangan jangka pendek sebagai respon finansial yang akan terjadi di masa depan.

Sejumlah faktor mendorong munculnya ‘Doom Spending‘ di kalangan anak muda adalah biaya hidup yang terus meningkat.

Menciptakan sebuah kecemasan yang penuh dengan tekanan, disisi lain tekanan media sosial yang sering kali menampilkan gaya hidup mewah juga turut mempengaruhi. Hal ini membuat anak muda merasa frustasi dengan prospek ekonomi mereka.

Alih-alih menabung tetapi dibuat untuk kesenangan tersendiri, mereka memilih hidup di masa sekarang dengan menghabiskan uang untuk hal yang instan. Mereka terjebak dalam fenomena ini, tanpa mempertimbangkan konsekuensi yang akan terjadi kedepannya.

Dampak negatif dari ‘Doom Spending‘ terhadap diri mereka cukup besar pengaruhnya. Meskipun dapat memberikan kesenangan sementara, kebiasaan ini tidak dapat menyelesaikan masalah, dapat meningkatkan stress, kecemasan jangka panjang serta kebiasaan belanja yang tidak terkendali dapat menguras tabungan hingga menyebabkan seseorang terjebak dalam lingkaran utang.

Sehingga sulit untuk mencapai tujuan finansial jangka panjang seperti, membeli rumah dan berinvestasi.

Mengurangi kebiasaan ‘Doom Spending‘ bisa dilakukan dengan cara membangun kebiasaan mengelola keuangan dengan baik, dan dapat mengendalikan emosi sehingga bisa membedakan kebutuhan dan keinginan yang sesaat.

Demikian, akan mencapai kestabilan keuangan dan mencapai tujuan jangka panjang untuk hidup lebih sejahtera di masa depan.*

Laporan Dhiaulhaq Faghrif Al Hashfi