Sosok Hakim yang Bebaskan Pegi Setiawan, Kendaraannya Hanya Scoopy

Eman Sulaeman. I Rahmad Fadjar Ghiffari/Forum Keadilan
Eman Sulaeman. I Rahmad Fadjar Ghiffari/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Hakim Tunggal Pengadilan Negeri (PN) Bandung Eman Sulaeman membebaskan Pegi Setiawan. Ia menyatakan bahwa penetapan tersangka terhadap Pegi Setiawan dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon tidak sah.

Atas putusannya tersebut, sosok Eman mulai menjadi sorotan. Eman sendiri lahir di Kabupaten Karawang pada 10 April 1975. Ia menuntaskan sarjananya di Ilmu Hukum Universitas Pasundan di 1999

Bacaan Lainnya

Sebelum bertugas di PN Bandung, Eman pernah menjabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, dan Ketua Pengadilan Negeri Wonosari, Gunung Kidul. Ia sempat bekerja sebagai ASN di bawah Mahkamah Agung.

Sebelum menjadi hakim di PN Bandung, Eman juga pernah menajabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, dan Ketua Pengadilan Negeri Wonosari, Gunung Kidul.

Menariknya, dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Eman tercatat memiliki harta kekayaan Rp294.031.507 di Januari 2024.

Adapun rinciannya, Eman memiliki kekayaan berupa tanah dan bangunan di Pemalang dengan nilai Rp 720 juta, dan di Bogor senilai Rp120 juta hasil sendiri.

Alat transportasi yang dimilikinya hanya satu unit sepeda motor Honda Scoopy seniali Rp6,5 juta. Kemudian eman memiliki harta bergerak lain senilai Rp12.400.000, Kas dan setara kas Rp35.565.736.

Jika ditotal, harta kekayaan Eman berjumlah Rp774.465.736. Namun, tercatat utang sebesar Rp480.434.229.

Dengan demikian, hakim yang memperlihatkan ketegasan mencecar para pihak dalam sidang praperadilan Pegi Setiawan ini memiliki tercatat hanya memiliki kekayaan sebesar Rp294 juta.*