Namanya Disebut Masuk Bursa Capim KPK, Ini Jawaban Irjen Karyoto

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Irjen Karyoto | Ari Kurniansyah/Forum Keadilan
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Irjen Karyoto | Ari Kurniansyah/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Irjen Karyoto mengaku tak berambisi menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu disampaikan-nya usai disebut-sebut masuk dalam bursa calon pimpinan (capim) lembaga anti rasuah tersebut.

“Kalau disebut ya silakan-silakan saja yang menyebut, saya sendiri saya tidak terlalu berambisi ya kita lihat ke depan saja lah,” ucapnya kepada media di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 26/6/2024.

Bacaan Lainnya

Karyoto juga enggan menjawab usai ditanya kesiapannya jika terpilih sebagai pimpinan KPK.

“Nanti kita lihat ke depan ya,” pungkasnya.

Sebelumnya, eks Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo Harahap menyebut, berdasarkan Undang-Undang, siapa pun boleh mendaftarkan diri sebagai capim KPK, baik berlatar belakang Polri, Kejaksaan, akademisi atau profesional.

Kabarnya, kata Yudi, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto yang juga pernah menjadi Direktur Penindakan dan Eksekusi KPK ikut daftar sebagai capim KPK.

Meski begitu, Yudi tidak mau berspekulasi apakah Karyoto layak atau tidak jadi pimpinan KPK.

“Ya kita lihat aja nanti. Daftar atau enggak dia. Siapa pun bisa untuk menjadi capim KPK sesuai syarat administratif dalam UU Nomor 19/2019,” ucapnya.*

Laporan Ari Kurniansyah