JK Sampaikan Duka Cita Atas Berpulangnya Tanri Abeng

Jusuf Kalla
Jusuf Kalla. | Ist

FORUM KEADILAN – Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) menyampaikan duka cita atas kepergian Menteri BUMN Pertama Tanri Abeng. Pernyataan itu disampaikan usai ia melayat ke rumah duka di Jalan Simprug, Jakarta Selatan, Minggu, 23/6/24.

“Kita kembali kehilangan salah seorang tokoh besar. Saya menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian beliau,” kata JK kepada wartawan.

Bacaan Lainnya

JK menuturkan bahwa ia memiliki hubungan erat dengan almarhum sejak lama. Selain itu, ia mengaku bahwa Tanri Abeng ialah teman sekolahnya saat di Makassar.

Pada kesempatan itu, ia mengenang sosok Tanri Abeng sebagai sosok yang pintar dan berpengalaman di berbagai bidang. Di samping itu, almarhum juga dikenal aktif dalam berbagai bidang dan organisasi.

Apalagi, kata JK, hubungan Tanri Abeng dengan masyarakat sangat baik dan ia merupakan salah seorang yang taat dalam melaksanakan perintah agama.

“Sekali lagi, kita kehilangan seorang tokoh yang mempunyai kelebihan dalam bidang manajerial dan mengelola usaha,” tuturnya.

Tanri pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pendayagunaan Badan Usaha Milik Negara Kabinet Pembangunan VII, kabinet terakhir pemerintahan Soeharto tahun 1998. Di era pemerintahan B.J. Habibie, ia tetap menjabat pada posisi yang sama.

Untuk diketahui, Tanri Abeng meninggal dunia pada Minggu, sekitar pukul 02:39 WIB, dinihari. Putra Selayar ini meninggal di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, pada usia 82 tahun. Jenazah akan dikebumikan di Kampus Tanri Abeng University, Swadarma, Jakarta Selatan.

Laporan Syahrul Baihaqi