HNW Sebut Jika DPP Usung Anies di Pilgub Jakarta 2024, Cawagubnya Harus Kader PKS

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Muhammad Hidayat Nur Wahid saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa 6/2/2023. I Novia Suhari/Forum Keadilan
Wakil Ketua Majelis Syura PKS Muhammad Hidayat Nur Wahid saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa 6/2/2023. I Novia Suhari/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN –  Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) menyebut, nama potensial yang sudah mencuat untuk diusung sebagai calon gubernur (cagub) di Pilgub Jakarta 2024 adalah Anies Baswedan.

Meski begitu, kata HNW, masih ada calon lain yang juga dibahas, yaitu kader internal.

Bacaan Lainnya

“Tentang pencalonan gubernur, Pak Anies, sampai hari ini PKS masih membahasnya pada tingkat cagub untuk eksternalnya, dan adapun untuk cagub kami membahas masih di internalnya kader PKS untuk di calonnya bila Pak Anies dicalonkan sebagai cagub,” kata HNW di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa, 18/6/2024.

HNW mengatakan, jika pada akhirnya DPW PKS memutuskan untuk mengusung Anies di Pilgub Jakarta dan disetujui oleh DPP, maka calon wakil gubernurnya (cawagub) harus kader PKS.

“Tetapi kalau misalnya nanti koalisi partai menghendaki untuk Anies dicalonkan dan DPP menyetujui, tentu PKS akan mengusulkan cawagubnya dari PKS,” kata HNW.

HNW menyebut, alasan harus kader PKS yang menjadi cawagub salah satunya karena PKS merupakan partai pemenang di Jakarta dalam Pemilu 2024 kemarin.

“Karena kan PKS sebagai pemenang Pemilu di Jakarta dan wajar lah, dan PKS juga punya kader-kader yang banyak kok untuk cawagub, untuk gubernur saja PKS punya calon,” kata HNW.

“Periode yang lalu, PKS telah mendukung Pak Anies cagub, cawagubnya nggak dari PKS loh. Masa sekarang enggak ada lagi? Dan sekali lagi, PKS sangat mampu untuk menjadi mendampingi cawagub yang nanti kita sepakati,” tandasnya.

Sebelumnya, DPTW PKS DKI Jakarta mengusung nama Anies Baswedan untuk maju dalam Pilgub Jakarta 2024. Usulan tersebut pun telah diserahkan ke DPP PKS.

“Keputusan DPW PKS DKI mengusulkan ke DPP seperti itu (mengusulkan Anies Baswedan), kewenangan DPP menerima atau menolak,” kata Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin kepada wartawan, Kamis, 23/5.*