Budi Djiwandono Tegaskan Tak Maju Pilkada Jakarta: Arahan Prabowo Lanjut di Parlemen

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budisatrio Djiwandono | Dok Website DPR RI - Arief/mr
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budisatrio Djiwandono | Dok Website DPR RI - Arief/mr

FORUM KEADILAN – Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono menegaskan bahwa dirinya tidak akan maju sebagai Calon Gubernur (cagub) Jakarta di Pilkada 2024.

Budisatrio mengungkapkan bahwa ia sudah menerima arahan dari Prabowo Subianto untuk tetap menjabat sebagai Anggota DPR periode 2024-2029.

Bacaan Lainnya

“Saya sudah menerima arahan dari Ketua Dewan Pembina/Ketua Umum Partai Gerindra Pak Prabowo untuk terus melanjutkan perjuangan di parlemen,” ujar Budi saat dikonfirmasi oleh wartawan, Kamis, 30/5/2025.

Ia juga menyampaikan Gerindra sudah mengantongi sosok yang akan diusung di Pilkada Jakarta nanti. Tetapi, Budisatrio masih enggan untuk membeberkan sosok dan hanya mengatakan nama tersebut akan diumumkan pada waktunya.

“Nama ini sudah disepakati Koalisi Indonesia Maju,” tambahnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan tengah mempersiapkan keponakan Presiden terpilih Prabowo Subianto, yakni Budisatrio Djiwandono untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Menurutnya, Budisatrio disiapkan untuk menjadi calon gubernur (cagub) Jakarta karena merupakan sosok yang matang dan mempunyai visi perekonomian yang bagus.

“Ya Budi Djiwandono adalah salah satu kandidat yang sedang kita matangkan untuk bisa memimpin daerah Jakarta. Itu diperlukan sosok yang matang, memiliki visi perekonomian yang bagus, dan punya tingkat pergaulan yang bagus. Kriteria itu sepertinya memenuhi syarat,” jelas Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 29/5/2024.

Ia kemudian mengungkit status Budisatrio yang sudah terpilih menjadi anggota DPR selama dua periode terakhir.

Muzani menyebut, Budisatrio juga mempunyai pergaulan yang cukup bagus dan punya visi ekonomi yang matang. Oleh karena itu, Muzani yakin Budisatrio adalah sosok yang sangat peduli  terhadap warga Jakarta.

“Sehingga menurut kami beliau memiliki kemampuan untuk bisa memimpin Jakarta lebih baik lagi. Dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan rakyat Jakarta,” ujar Muzani.

Gerindra, lanjut Muzani, bakal menggandeng Partai lainnya untuk mengusung Budisatrio di Pilkada DKI Jakarta.*