IM57+ Gugat Batas Usia Pimpinan KPK ke MK

Praswad Nugraha (Kanan) dan Novel Baswedan usai mengajukan gugatan UU KPK ke MK, Selasa, 28/5/2024 | Syahrul Baihaqi/Forum Keadilan
Praswad Nugraha (Kanan) dan Novel Baswedan usai mengajukan gugatan UU KPK ke MK, Selasa, 28/5/2024 | Syahrul Baihaqi/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – IM57+ institute menyerahkan berkas gugatan terkait ambang batas usia pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua IM57+ Praswad Nugraha menyebut, batas usia tersebut menghalangi beberapa eks Pegawai KPK yang berniat untuk mendaftar sebagai komisioner KPK.

Bacaan Lainnya

“Akibat dari perubahan UU KPK, maka ada beberapa anggota IM57, Bang Novel (Baswedan) dan teman-teman lain itu yang tidak bisa mendaftar,” kata Praswad kepada wartawan, Selasa, 28/5/2024.

Menurut Praswad, ambang batas usia pimpinan KPK kerap diutak-atik oleh pembentuk Undang-Undang (UU(. Pada UU KPK lama, batas usia komisioner KPK paling minimal berusia 40 tahun.

Untuk diketahui, pada perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi, pada Pasal 29 huruf e dijelaskan bahwa batas usia pimpinan KPK berusia paling rendah 50 tahun dan paling tinggi 65 tahun pada proses pemilihan.

Apalagi, kata Praswad, Lembaga Anti-Rasuah saat ini dinilai krisis pimpinan yang berintegritas. Ia mencontohkan eks Ketua KPK Firli Bahuri yang menjadi tersangka dan juga beberapa komisioner lain yang bermasalah di sidang kode etik Dewan Pengawas KPK.

“Kami harap gugatan ini bisa dikabulkan MK dan bang Novel, saya, dan teman-teman lainnya yang berada di IM57+ bisa melanjutkan proses pendaftaran sebagai pimpinan KPK,” ucapnya.*

LaporanĀ Syahrul Baihaqi