Ganjar Sebut Pidato Megawati Merupakan Petunjuk Sikap Politik PDIP

Ganjar Pranowo di Rakernas ke-V PDIP, Jumat, 24/5/2024. I M. Hafid/Forum Keadilan
Ganjar Pranowo di Rakernas ke-V PDIP, Jumat, 24/5/2024. I M. Hafid/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Politisi PDIP Ganjar Pranowo menanggapi pidato politik Megawati Soekarnoputri yang penuh dengan kritikan terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pelaksanaan pemilu yang dianggapnya menyalahgunakan kekuasaan.

Menurut Ganjar, pidato Megawati tersebut menunjukkan sikap tegas dari sang Ketua Umum. Ganjar menilai, sikap Megawati itu merupakan petunjuk sikap partainya terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Bacaan Lainnya

“Ya memang pidatonya betul-betul tadi menunjukkan ketegasannya. Rasa-rasanya sih, in line lah dengan apa yang menjadi suasana kebatinan kader,” kata Ganjar kepada wartawan usai acara pembukaan Rakernas V PDIP di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 24/5/2024.

Kendati begitu, Ganjar mengatakan bahwa Megawati dan partainya belum memutuskan soal sikap politik partainya. Sebab, hal itu akan dirumuskan dengan para kader dari berbagai daerah di dalam Rakernas.

“Rasanya kalau soal sikapnya akan dirumuskan di Rakernas ini. Karena agendanya kan tiga itu ya. Jadi ada sikap, ada program rakyat, dan tentu saja yang terkahir nanti terkait dengan Pilkada. Mudah-mudahan dalam tiga hari ini akan bisa dirumuskan,” ujarnya.

Menurut Ganjar, dalam menentukan sikap, partainya akan mempertimbangkan saran dan masukan dari para kader.

“Maka Ibu juga bercerita, satu, kita dengerin suara yang ramai banget, tapi juga kita dengarkan suara yang sayup-sayup. Itu artinya betul-betul ibu mencoba mengakomodasi akan kemana partai ini,” ungkapnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga mengungkapkan bahwa sikap dari kader PDIP baik dari tingkat cabang, daerah, hingga ke ranting partai masih cair.

“Ya kita tunggu aja. Belum, kan Rakernas baru dibuka. Nanti pasti akan ada laporan dari DPD PDIP juga DPD-DPD malam ini yah mereka juga memberikan laporan pasti kita akan dengarkan,” pungkasnya.*

Laporan M. Hafid