Tokoh Pers Salim Said Tutup Usia

Salim Said. Ist
Salim Said. Ist

FORUM KEADILAN – Tokoh pers Prof Salim Said tutup usia pada Sabtu, 18/5/2024 di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat. Ia dimakamkan pada siang ini di TPU Tanah Kusir, Jakarta.

Salim Said juga dikenal sebagai tokoh perfilman nasional, akademisi, cendekiawan, serta mantan duta besar Mantan Duta Besar RI untuk Republik Ceko.

Ia tutup usia di umur 80 tahun setelah berjuang dari sakitnya selama beberapa waktu terakhir. Kabar meninggalnya mendiang Salim Said disampaikan pertama kali oleh istrinya, Herawaty.

Salim Said yang merupakan Guru Besar Ilmu Politik itu juga aktif sebagai dan telah merilis sejumlah buku. Salah satu buku yang telah diterbitkannya berjudul ‘Militer Indonesia dan Politik: Dulu, Kini dan Kelak’.

Lahir di Pare-pare pada 10 November 1943, Salim Said pernah mengemban pendidikan di Akademi Teater Nasional Indonesia dan pernah menyutradarai beberapa pertunjukan teater.

Disertasi Salim Said yang cukup dikenal menyoroti peran politik ABRI di masa revolusi 1945-1949. Hal ini kemudian membuatnya dikenal sebagai pengamat politik militer Indonesia.*