Ganjar Resmi Deklarasi Oposisi Prabowo-Gibran

Ilustrasi Ganjar Pranowo| Sajuri/Forum Keadilan
Ilustrasi Ganjar Pranowo| Sajuri/Forum Keadilan

FORUM KEADILANGanjar Pranowo resmi mengumumkan bahwa ia tidak akan bergabung ke pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pernyataan tersebut disampaikan Ganjar saat acara halal bihalal Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, dan juga dihadiri oleh eks cawapres Mahfud MD di Teuku Umar 9, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 6/5/2024.

Bacaan Lainnya

“Saya declare pertama, saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini, tapi saya sangat menghormati pemerintahan ini,” kata Ganjar dalam pidatonya.

Tetapi, Ganjar mengungkapkan bahwa dirinya akan tetap menghormati pemerintahan Prabowo-Gibran. Menurutnya pengawasan terhadap pemerintah harus dilakukan dengan cara yang benar.

Ganjar meyakini satu-satunya cara yang benar melakukan pengawasan adalah lewat legislatif atau parlemen. Ia mengatakan bahwa dengan cara politik Indonesia harus mulai naik kelas dengan tidak saling mencibir.

“Sehingga moralitas politiknya ada, cara berpolitik yang benar musti naik kelas, dan semua sama-sama terhormat, tidak perlu saling mencibir,” ujarnya.

“Karena mencibir kita yang paling benar adalah di jalur yang pas, apa itu? Jalur parlemen. Itulah cara yang paling bagus. Kita bisa melakukan tindakan-tindakan yang pas untuk melakukan suatu kontrol,” tambahnya.

Keputusannya untuk tidak bergabung berpeluang sejalan dengan arah sikap partainya dan Ganjar juga sempat meyakini bahwa PDIP akan berada di luar pemerintahannya ke depan.

Ia menyebut arah PDIP terlihat dari beberapa pernyataan Ketua Umumnya (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Saya kira kalau lihat statement-statement-nya Bu Mega, rasanya iya. Di luar pemerintahan, kan kita tidak kenal (istilah) oposisi,” kata Ganjar di kediamannya, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, DIY, 25/4/2024 lalu.

Tetapi, diketahui, PDIP belum mengumumkan secara tegas mengenai hal tersebut. Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan sikap partainya akan baru dibahas dalam Rakernas V partai yang akan digelar bulan ini.*