CEO Microsoft akan Investasi AI di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini menerima kunjungan CEO Microsoft Satya Nadella di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa, 30/4/2024. | Dok BPMI Setpres/Vico
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini menerima kunjungan CEO Microsoft Satya Nadella di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa, 30/4/2024. | Dok BPMI Setpres/Vico

FORUM KEADILANCEO Microsoft Satya Nadella bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Presiden, Jakarta. Pertemuan tersebut membahas sejumlah hal dan salah satunya terkait rencana investasi Microsoft di bidang AI di Indonesia.

“Microsoft akan berinvestasi signifikan di Indonesia selama empat tahun ke depan dalam infrastruktur kecerdasan artifisial (AI) dan komputasi awan, serta kesempatan pelatihan AI untuk 840.000 orang,” jelas Menkominfo Budi Arie Setiadi, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 30/4/2024.

Bacaan Lainnya

“(Selain itu pembahasan juga) mengenai pengembangan sumber daya manusia dan membangun pusat riset bersama antara Microsoft dan Pemerintah Indonesia,” sambungnya.

Budi mengatakan bahwa Microsoft fokus kepada pembentukan digital talent khusus di bidang Artificial Intelligence (AI) dan mengungkapkan besaran pasti investasi yang digelontorkan Microsoft.

“Selain itu ada juga dukungan untuk komunitas developer yang sedang berkembang di Indonesia seperti program ‘AI Odyssey’ yang diharapkan dapat menjangkau 10.000 developer dengan Microsoft kredensial,” katanya.

Ia juga menyebut pemerintah menawarkan beberapa tempat ke Microsoft terkait pusat riset. Mulai dari Bali hingga IKN.

“Termasuk membantu pemerintah Indonesia dalam membangun smart city di IKN,” jelasnya.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir mengungkapkan pembahasan Satya Nadella dengan Presiden Jokowi.

“Menyampaikan komitmen terhadap pengembangan bisnis Microsoft dan investasi teknologi di Indonesia,” ungkap Dharma.*