Gibran Setelah 4 Menteri Dihadirkan di Sidang MK: Kurang Apalagi?

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka | Instagram @gibran_rakabuming
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka | Instagram @gibran_rakabuming

FORUM KEADILAN – Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka memberikan respons sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat, 5/4/2024 kemarin di mana empat Menteri yang dimintai keterangan.

Gibran memberikan respons singkat mengenai kehadiran Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Bacaan Lainnya

Menurut Gibran semua hal ini sudah dijawab di sidang MK.

“Ya kan sudah dijawab semua,” ujar Gibran saat menghadiri acara pembagian bahan pokok di Benteng Vastenburg, Solo, Sabtu, 6/4/2024.

Ia menilai keterangan para Menteri tersebut semestinya sudah bisa menjawab para pemohon yang menduga bansos disalahgunakan untuk pemenangan paslon Nomor urut 02, Prabowo-Gibran.

“Kan sudah dijawab semua, sudah dihadirkan semua. Kurang apalagi?” ucapnya.

Gibran mengajak kepada semua pihak untuk mengikuti proses persidangan di MK hingga tuntas.

“Seluruh proses dan mekanisme yang ada di sana ya kita jalani saja ya. Dilalui saja,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Sidang PHPU yang digelarkan dengan agenda mendengarkan keterangan dari empat Menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) tentang penyaluran bantuan sosial (bansos) selama masa Pemilu.

Saat sidang berlangsung, Majelis Hakim bertanya soal prosedur penyaluran bansos hingga dampaknya terhadap hasil Pemilu. Mereka menilai terdapat penyalahgunaan penyaluran bansos oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menguntungkan pasangan Prabowo-Gibran sehingga mereka bisa menang.*