Respons Puan saat Ditanya soal Hak Angket dan UU MD3 Masuk Prolegnas

Doorstop Ketua DPR RI Puan Maharani di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis, 28/3/2024 | Novia Suhari/Forum Keadilan
Doorstop Ketua DPR RI Puan Maharani di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis, 28/3/2024 | Novia Suhari/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan respons terkait wacana hak angket di DPR RI yang sempat menjadi sorotan.

Pada awalnya ketika ditanya mengenai UU MD3 yang masuk prolegnas, Puan memberikan respons dengan menggelengkan kepalanya.

Bacaan Lainnya

“Nggak ada itu,” ujar Puan di Gedung DPR, pada Kamis, 4/4/2024.

Lalu ia juga menggeleng kepalanya saat wartawan menanyakan mengenai hak angket dan apakah PDI Perjuangan turut membahas hak angket di internal.

Sebelumnya diketahui, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membahas mengenai hak angket DPR terkait Pilpres yang masih belum bergulir. Hasto juga mengungkapkan alasan belum bergulirnya hak angket dikarenakan adanya tekanan-tekanan hukum.

“(Ibu Megawati lama putuskan angket) bukan perhitungan, tapi tekanannya, tekanan hukumnya kan kuat sekali. Kan kalau orang ditekan, ada respons yang berani menghadapi tekanan, ada juga yang takut. Kita juga maklum, tapi kita diajarkan untuk tidak takut,” kata Hasto dalam diskusi ‘Sing Waras Sing Menang’, Sabut, 30/3/2024.

Menurutnya, hak angket dinilai menjadi hal yang menakutkan bagi pemerintah sehingga terdapat upaya-upaya yang tengah dilakukan. Hasto menyebut upaya tersebut yaitu pengambilalihan PPP hingga kursi Ketua DPR RI dan Golkar.*