Idul Fitri Diprediksi 10 April 2024, Dirayakan Serentak Seluruh Indonesia

Wamenag Saiful Rahmat Dasuki saat konferensi pers di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin 25/3/2024. I M. Hafid/Forum Keadilan
Wamenag Saiful Rahmat Dasuki saat konferensi pers di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin 25/3/2024. I M. Hafid/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki mengatakan, Idul Fitri 2024/1445 Hijriah akan dirayakan serentak oleh seluruh umat Muslim di Indonesia. Saiful menyebut, pemerintah telah memprediksi bahwa Idul Fitri akan jatuh pada 10 April 2024.

InsyaAllah Hari Raya Idul Fitri akan diselenggarakan secara bersama-sama bagi seluruh umat Muslim di seluruh Indonesia. Tetapi nanti akan kita konfirmasi lagi pada tanggal 9 April, untuk melakukan Sidang Isbat di Jakarta,” kata Saiful usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin 25/3/2024.

Bacaan Lainnya

Namun menurut Saiful, posisi hilal pada 9 April sudah memasuki kriteria Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS).

“Berdasarkan kriteria MABIMS bahwa telah disepakati, kondisi seperti itu memenuhi kriteria visibilitas, yaitu setinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 0,6 derajat,” ujarnya.

Selain itu, Saiful juga menyinggung soal banyaknya daerah yang masih tergenang banjir. Untuk daerah yang mengalami banjir sampai pelaksanaan salat Idul Fitri, di Demak misalnya, akan disiapkan lokasi salat.

“Tentunya juga dengan memperhatikan kondisi-kondisi di sekitarnya untuk memenuhi standar keamanan dan kenyamanan penyelenggaraan ibadah itu sendiri,” pungkasnya.*

Laporan M. Hafid