Atasi Lonjakan Mudik Lebaran, KAI Berlakukan Sistem Waiting Room

Penumpang kereta api. | Ist
Penumpang kereta api. | Ist

FORUM KEADILANMudik Lebaran 2024 ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah mulai menjual tiket kereta api (KA) mulai tanggal 15 Februari 2024. Tiket tersebut untuk keberangkatan 31 Maret 2024 atau H-10 lebaran.

Vice President (VP) Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, calon penumpang bisa melakukan pembelian melalui aplikasi Access by KAI, website resmi KAI atau channel resmi pemesanan tiket KA lainnya.

Bacaan Lainnya

Tapi, calon penumpang juga harus teliti bahwa KAI saat ini menerapkan sistem waiting room atau antre. Joni menjelaskan, sistem waiting room sudah diberlakukan sejak 1 Februari 2024 lalu.

“Sistem antrean ini diberlakukan pada aplikasi Access by KAI dan website KAI dengan tujuan agar calon penumpang mendapatkan kepastian layanan,” katanya.

Sistem waiting room tak hanya diberlakukan untuk mengantisipasi lonjakan saat mudik lebaran. Tetapi, sistem itu juga dilakukan pada saat musim liburan atau peak season.

Fitur waiting room nantinya akan mengatur pemesanan tiket menjadi lebih terorganisir dan membantu memastikan website dan aplikasi tetap stabil. Untuk durasi waktu tunggu antreannya bervariasi dan tergantung pada jumlah pengguna yang sedang online.

Nantinya, semua pengguna yang mengakses sistem pemesanan tiket kereta pada saat yang sama akan mendapatkan posisi antrean secara berurutan.*