Sejumlah Wilayah DKI Jakarta Terendam Banjir, Heru Budi Sebut Masih Aman

Banjir di DKI Jakarta. I Ist
Banjir di DKI Jakarta. I Ist

FORUM KEADILAN – Sejumlah wilayah di DKI Jakarta dilaporkan mengalami banjir akibat luapan sungai pada Jumat 15/3/2024. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut banjir tersebut terpantau cepat surut dan masih dalam kondisi aman.

“Beberapa lokasi mengalami banjir, tapi cepat surut ya. Saya pantau, masih kondisinya aman,” ujar Heru di Cilincing, Jakarta Utara, Jumat 15/3/2024.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, kondisi banjir saat ini masih dapat ditangani dengan pompa genangan ke waduk-waduk tertentu.

“Tapi kita lihat nanti di Bogor ini, apakah hujannya terus menerus sehingga ada hujan kiriman. Tadi pagi di Kampung Melayu masih batas aman, mudah-mudahan semua aman,” imbuhnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, hingga Jumat siang, masih ada 13 RT terendam banjir akibat luapan Kali Ciliwung.

“BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji, Jumat 15/3.

Isnawa menjelaskan, petugas diperintahkan untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. Dia mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.

 

Adapun wilayah yang masih terdampak genangan dan banjir di Jakarta yaitu:

Kelurahan Bidara Cina

Jumlah: 4 RT

Ketinggian: 30 sampai  50 cm

Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

 

Kelurahan Kampung Melayu

Jumlah: 3 RT

Ketinggian: 80 cm

Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

 

Kelurahan Cawang

Jumlah: 5 RT

Ketinggian: 60 sampai 70 cm

Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

 

Kelurahan Cililitan

Jumlah: 1 RT

Ketinggian: 40 cm

Penyebab: Luapan Kali Ciliwung*