Kopi vs Teh, Mana yang Lebih Unggul dalam Menjaga Kesehatan?

Ilustrasi Dua Orang Sedang Meminum Kopi | Ist
Ilustrasi Dua Orang Sedang Meminum Kopi | Ist

FORUM KEADILANKopi dan teh memiliki penggemar fanatiknya sendiri. Kopi banyak disukai karena dapat memberikan energi secara instan, terutama jika kopi diminum di pagi hari.

Tetapi pada saat yang sama, teh juga mampu memberikan penikmat efek menenangkan dengan rasa yang lebih ringan. Kebanyakkan orang pada umumnya tidak menyadari bahwa teh adalah minuman terpopuler kedua di dunia setelah air putih.

Bacaan Lainnya

Teh dan kopi telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Tetapi, efek positif ini hanya terjadi dengan konsumsi sedang, karena keduanya mengandung kafein.

Minum kopi telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan jantung, usus, dan diabetes. Teh juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Kandungan Kafein Baik kopi maupun teh mengandung kafein yang jumlahnya tidak boleh terlalu tinggi agar efeknya tetap optimal. Secangkir kopi 8 ons mengandung sekitar 95 miligram kafein, sedangkan secangkir teh hitam mengandung sekitar 50 miligram dan teh hijau sekitar 30 miligram.

Ini berarti bahwa kopi mengandung kafein dua kali lebih banyak daripada teh hitam dalam jumlah yang sama dan kafein lebih dari tiga kali lebih banyak daripada teh hijau.

“Teh juga mengandung kafein dan telah terbukti meningkatkan fungsi kognitif dan kewaspadaan. Penambahan theanine, asam amino, memberi teh manfaat tambahan untuk mengurangi stres,” kata Muhlstein.

Bahan tersebut membuat segelas teh hitam atau hijau ideal. pilihan ketika Anda ingin lebih fokus. Teh hijau juga merupakan sumber terkaya antioksidan kuat. Polifenol yang telah terbukti mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker.*