Airlangga: Anggaran Program Makan Siang Gratis Rp15 Ribu per Anak, di Luar Susu

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto | ist

FORUM KEADILAN – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa Program makan siang gratis yang diusung oleh calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming telah memulai menyiapkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Anggaran untuk program makan siang gratis, telah ditetapkan Rp15.000 per anak merata untuk seluruh daerah dan di luar program susu gratis.

Bacaan Lainnya

“(Anggaran program makan siang gratis) per anak kira-kira Rp 15 ribu. Itu kan bisa dibuat macam-macam. Nanti akan ada pembahasan. Di luar susu,” ujar Airlangga di kantornya, Jakarta Pusat, Senin, 26/2/2024.

Saat Airlangga ditanyakan mengenai program menu makan siang gratis, Airlangga mengatakan pemerintah membebaskan masing-masing kepada daerah dengan anggaran tersebut.

“(Menunya) nah itu nanti dilepaskan ke daerah masing-masing, tidak menyeragamkan,” tuturnya.

Sebelumnya, Kementerian PPN/Bappenas mengaku bahwa telah memulai menyusun program makan siang dan susu gratis bagi anak sekolah yang diusung Prabowo-Gibran.

Hal ini disampaikan oleh Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa setelah rapat paripurna yang membahas rencana kerja pemerintah (RKP) dan kebijakan fiskal tahun 2025.

“Memang harus memasukkan program-program ikonik dari presiden terpilih. Tentu saja itu diperhitungkan dan Bappenas sedang menyusun itu,” tutur Suharso di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 26/2/2024.*