PM Belanda Mark Rutte Ucapkan Selamat ke Prabowo yang Unggul di Quick Count

Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte
Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte | ist

FORUM KEADILAN – Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte mengucapkan selamat ke calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto yang unggul dalam hitung cepat atau quick count Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Saya mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto atas proyeksi hasil pemilihan (Pemilu) di Indonesia kemarin,” ujar Mark, dikutip dari akun X-nya, Jumat, 16/2/2024.

Bacaan Lainnya

Mark berharap, Indonesia dan Belanda bisa terus mengembangkan persahabatan yang kuat.

“Saya berharap dapat terus mengembangkan persahabatan dan ikatan yang kuat antara kedua negara kita,” ujarnya.

Selain Mark, Prabowo juga mendapat selamat dari sejumlah pemimpin negara lainnya. Mereka termasuk PM Australia Anthony Albanese, Wakil PM Australia Richard Marles, PM Singapore Lee Hsien Loong, PM Malaysia Anwar Ibrahim, dan Presiden Srilanka Ranil Wickremesinghe.

PM Ceko Petr Fiala dan Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Matthew Miller yang membuat keterangan resmi di website pemerintahan AS, juga mengucapkan selama kepada Prabowo.

Diketahui, Prabowo dan pasangannya di Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka, unggul dibanding dua pasangan calon lainnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Berdasarkan hasil quick count dari beberapa lembaga survei, pasangan Prabowo-Gibran berhasil meraih lebih dari 50 persen suara secara nasional.*