Megawati: Jangan Pilih Pemimpin dari Bentuk Rupa

Megawati Soekarnoputri | Ist
Megawati Soekarnoputri | Ist

FORUM KEADILAN – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan masyarakat agar tidak memilih pemimpin hanya berdasarkan bentuk rupa dan paras.

Menurutnya, masyarakat harus memilih pemimpin yang berkompeten dan mumpuni.

Bacaan Lainnya

Megawati menegaskan, pemimpin harus pintar dan paham pada masalah yang akan dihadapi Indonesia.

“Sebenarnya, kita ini disuruh pemilu itu kenapa? Pemilihan umum itu sebenarnya hanya sebuah proses lima tahunan untuk apa? Untuk mencari pemimpin yang mumpuni,” kata Megawati dalam acara kampanye akbar Harapan Jutaan (Hajatan) Rakyat Ganjar-Mahfud di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis 8/2/2024.

Oleh karena itu, dia tidak ingin masyarakat memilih pemimpin hanya berdasarkan pada paras ganteng saja.

“Kalau ada pemimpin yang bodoh mau dipilih apa tidak? Benar? Namanya saja pemimpin nah seperti Bung Karno bapak saya orangnya itu ganteng, makanya saya putrinya jadi cantik. Cucunya cantik, sudah itu apa? Pintar. Jadi, jangan kepincut sama rupa,” lanjutnya.

Meskipun dirinya tidak memungkiri bahwa sah-sah saja masyarakat memilih pemimpin dari sisi rupa. Tetapi, dia menekankan, bentuk rupa harus dibarengi dengan kepintaran. Tak hanya itu, Megawati juga meminta masyarakat untuk memilih pemimpin yang beretika dan bermoral.

“Yang pertama, boleh melihat ganteng cantik. Yang kedua apa? Harus pintar, punya etika dan moral. Menyayangi seluruh rakyat Indonesia yang akan dia pimpin. Betul apa tidak? Tidak boleh seperti banyak kejadian kemarin,” tutupnya.*