Pemerintah Bagikan BLT Rp200 Ribu ke 18,8 Juta KPM Mulai Februari

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto | ist

FORUM KEADILAN – Pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) mitigasi risiko pangan sebesar Rp200 ribu per bulan untuk periode Januari-Februari-Maret 2024. Pencairan mulai Februari 2024.

“Bantuan langsung tunai dengan judul mitigasi risiko pangan untuk 3 bulan dan itu akan dievaluasi tiga bulan lagi dan tiga bulan pertama diberikan Februari yang besarnya Rp200 ribu per bulan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Senin, 29/1/2024.

Bacaan Lainnya

BLT sebesar Rp200 ribu per bulan tersebut akan diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan ini berbeda dengan bantuan pangan beras sebanyak 10 kg yang berlangsung hingga Juni 2024 dan ditujukan kepada 22 juta penerima.

“Itu biasanya masyarakat di bawah bertanya kenapa saya dapat beras tetapi tidak dapat BLT cash? Tentu dengan data yang berbeda itu tergantung data yang dari PMK terkait data tersebut,” ujar Airlangga.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anggaran untuk program BLT ini mencapai Rp 11,25 triliun dan akan dicairkan sekaligus pada Februari 2024.

“Kalau untuk 3 bulan itu Rp11,25 (triliun) untuk 18,8 juta KPM. Untuk periode Januari-Februari-Maret. (Cair Februari) tiga bulan sekaligus,” beber Sri Mulyani.

Bantuan BLT mitigasi risiko pangan akan menggantikan BLT El Nino yang telah disalurkan di tahun sebelumnya.*