Hasto Ungkap Agenda Pertemuan Elite PDIP dan Ma’ruf Amin

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. | ist
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. | ist

FORUM KEADILAN – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan terkait agenda pertemuan Elite PDIP dan Wakil Presiden (wapres) Ma’ruf Amin.

Tetapi, Hasto tak menjelaskan lebih detail apakah pertemuan itu akan terlaksana atau sebaliknya. Namun, ia menilai pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi yang merupakan hal yang bagus karena hubungan PDIP dan Ma’ruf Amin dinilai cukup intens.

Bacaan Lainnya

“Ya silaturahim kan bagus, apalagi untuk hubungan kami dengan Bapak Wapres KH Ma’ruf Amin itu sangat intens,” ujar Hasto saat ditemui di Gedung Filateli, Jakarta Pusat, Minggu, 14/1/2024.

Kedekatan antara PDIP dan Wapres Ma’ruf Amin disampaikan oleh Hasto karena hal itu dipengaruhi oleh salah satu putri Ma’ruf Amin, yakni Siti Nur Azizah yang menjadi anggota Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Kemudian, Ma’ruf menghadiri acara HUT PDIP minggu lalu.

“Sehingga hubungan kebatinan yang sangat kuat ini, apalagi kami berterima kasih juga dengan salam metal dari Pak Wapres (saat HUT PDIP),” kata Hasto.

Walaupun demikian, Hasto menegaskan bahwa Presiden dan Wakil Presiden tetap harus bersikap netral untuk menjaga negara.

Salam metal yang diberikan oleh Ma’ruf adalah salam metal yang merupakan simbol perjuangan dari PDIP sejak Orde Baru (orba) dan bukan untuk memihak kepada pasangan tertentu.

“Kemarin di HUT PDIP simbol perjuangan banteng ini kan sejak jauh ketika pemerintahan otoriter itu terjadi. Sehingga kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wapres. Tapi sikap kami tetap sama, Presiden, Wapres, tetap netral karena harus menjadi pelindung rakyat,” terang Hasto.*