Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba Terjaring OTT KPK

Gedung KPK | Merinda Faradianti/ForumKeadilan
Gedung KPK | Merinda Faradianti/ForumKeadilan

FORUM KEADILAN – Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba terjaring operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin, 18/12/2023.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, lebih dari 15 orang yang ditangkap, baik di Jakarta maupun di Kota Ternate, Malut.

Bacaan Lainnya

“Sejauh ini sekitar lebih dari 15 orang yang ditangkap baik di Jakarta Selatan maupun di kota Ternate. Di antaranya benar Gubernur Maluku Utara dan beberapa pejabat lainnya serta pihak swasta,” kata Ali dalam keterangannya, dikutip, Selasa, 19/12.

Ali mengatakan, Abdul Gani ditangkap dalam kasus dugaan korupsi jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut.

Sebelumnya, KPK juga menggeledah kediaman Abdul Gani yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Takoma, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Malut, Senin, 18/12 malam.

Penggeledahan dilakukan sejak Senin sore terkait dugaan OTT yang dilakukan terhadap pejabat tertinggi di Pemprov Malut, termasuk beberapa pejabat eselon dua lainnya. Ruangan Gubernur Abdul Gani Kasuba pun turut disegel KPK.

Abdul Gani merupakan Gubernur dua periode di Malut. Sebelum menempati posisinya saat ini, Abdul Gani pernah menjabat sebagai anggota DPR RI dan Wakil Gubernur.*