TransJakarta Resmikan 22 Bus Listrik Baru, Ini Rute-rute yang Dilewati

Bus Listrik TransJakarta
Bus listrik TransJakarta | ist

FORUM KEADILAN – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) meresmikan 22 bus listrik di Depo Bus Bianglala Metropolitan, Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis, 23/11/2023.

Peresmian tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Komisaris Utama PT TransJakarta Luky Arliansyah, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jhoni Eka Putra, beserta pihak manajemen PT Bianglala Metropolitan.

Bacaan Lainnya

“Dengan rahmat Allah SWT dan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan ini resmi saya luncurkan 22 bus listrik untuk melayani masyarakat dengan transportasi bebas emisi,” kata Syafrin di lokasi peresmian, Kamis.

Syafrin menyampaikan, PT TransJakarta menargetkan untuk sepenuhnya mengoperasikan bus listrik pada 2023.

“Karena target kami dari seluruh operasional bus TransJakarta pada tahun 2027 sebanyak 50%-nya sudah mengoperasionalkan dengan bus listrik, dan targetnya pada 2030, keseluruhannya, operasionalnya dengan bus listrik,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Komisaris Utama PT TransJakarta Luky Arliasnyah mengatakan, armada bus listrik saat ini telah mencapai 74 unit setelah penambahan 22 yang baru diresmikan.

Luky menjelaskan, unit bus listrik yang dioperasikan oleh PT bianglala Metropolitan ini adalah bus listrik lantai rendah yang akan melayani rute-rute integrasi pengumpan yang ada di TransJakarta, yaitu rute Bundaran Senayan-TU Gas atau yang dikenal dengan 4C, dan rute Stasiun Manggarai-Universitas Indonesia atau dikenal dengan rute 4B.

Lebih lanjut, Luky mengatakan, armada bus listrik ini memerlukan waktu cas 2 jam saja. Selain itu, kata dia, bus dapat beroperasi selama 17 jam, mulai dari pukul 5.00 WIB hingga 23.00 WIB.

“Kemudian, terkait daya, untuk bisa memenuhi 100 persen baterai, itu cuma dibutuhkan waktu charging lebih kurang 2 jam dan 2 jam itu mencukupi untuk bisa beroperasi selama 17 jam, jadi dari jam 5 pagi sampai dengan jam 11 malam,” paparnya.*