5 Tips Merawat Rambut Berwarna agar Tetap Sehat dan Berkilau

Ilustrasi rambut berwarna
Ilustrasi rambut berwarna | ist

FORUM KEADILAN – Rambut berwarna memerlukan perawatan khusus untuk tetap sehat, berkilau, dan mempertahankan warnanya yang indah.

Jika Anda baru saja mewarnai rambut atau sudah lama memiliki rambut berwarna, berikut lima tips untuk merawatnya dengan baik.

Bacaan Lainnya

1. Pilih Produk Perawatan Khusus Rambut Berwarna

Pilihlah produk perawatan rambut yang dirancang khusus untuk rambut berwarna. Sampo dan kondisioner yang diformulasikan untuk rambut berwarna membantu mempertahankan kelembapan, mencegah warna luntur, dan memberikan nutrisi yang diperlukan.

Pastikan untuk membaca label produk dan mencari bahan-bahan, seperti vitamin E, provitamin B5, dan UV protectors yang dapat membantu melindungi warna rambut.

2. Hindari Suhu Air yang Tinggi Saat Mencuci Rambut

Air panas dapat merusak struktur rambut dan membuat warna luntur lebih cepat. Saat mencuci rambut, gunakan air hangat atau bahkan air dingin. Ini membantu menjaga kutikula rambut tetap rapat dan mencegah lepasnya pigmen warna.

Jika Anda suka menggunakan shower panas, pertimbangkan untuk menyisir rambut sebelum mencuci agar produk perawatan rambut dapat meresap lebih baik.

3. Reduksi Penggunaan Peralatan Pemanas

Alat-alat pemanas, seperti hair dryer, catokan, dan curling iron dapat menyebabkan kekeringan pada rambut berwarna. Jika memungkinkan, biarkan rambut kering secara alami setelah dicuci.

Jika Anda harus menggunakan alat pemanas, gunakan pelindung panas untuk melindungi rambut dari suhu yang tinggi. Seiring waktu, pengurangan penggunaan alat pemanas dapat membantu mempertahankan kelembapan alami rambut.

4. Rutin Gunakan Masker Rambut

Rambut berwarna rentan terhadap kekeringan, sehingga perawatan tambahan diperlukan. Gunakan masker rambut secara teratur untuk memberikan kelembapan dan nutrisi tambahan pada rambut.

Pilih produk yang mengandung bahan-bahan, seperti minyak argan, keratin, atau shea butter untuk merestorasi kelembapan dan memperbaiki kerusakan.

5. Lindungi Rambut dari Paparan Matahari

Sinar matahari bisa merusak warna rambut, terutama bagi mereka yang memiliki rambut berwarna terang.

Gunakan penutup kepala atau produk perawatan rambut yang mengandung UV protectors ketika berada di bawah sinar matahari langsung. Ini membantu melindungi rambut dari efek buruk sinar UV yang dapat membuat warna rambut memudar.

Semoga bermanfaat.*