6 Cara Mudah Hilangkan Bau Bekas Rendang di Piring

Ilustrasi mencuci piring
Ilustrasi mencuci piring | ist

FORUM KEADILAN – Rendang, hidangan khas Indonesia yang kaya rempah dan cita rasa, sering kali meninggalkan jejak aroma yang kuat di piring dan wadah penyajiannya.

Menghilangkan bau bekas rendang dari piring bisa menjadi tugas yang menantang. Untuk itu, berikut beberapa metode yang dapat membantu Anda membersihkan piring dari bau bekas rendang.

Bacaan Lainnya

1. Cuci dengan Air Hangat dan Sabun

Langkah pertama ialah mencuci piring secara menyeluruh dengan air hangat dan sabun pencuci piring. Pastikan air yang digunakan cukup panas untuk membantu melarutkan residu lemak dan rempah yang tertinggal.

Gosok piring secara menyeluruh dengan spons atau sikat lembut untuk menghilangkan residu dan bau yang menempel.

2. Gunakan Cuka atau Air Lemon

Cuka atau air lemon adalah agen pembersih alami yang efektif dalam menghilangkan bau yang membandel.

Rendam piring dalam larutan cuka atau air lemon selama beberapa menit sebelum dicuci dengan sabun dan air. Baunya yang menyegarkan dapat membantu mengatasi aroma rendang yang menempel.

3. Baking Soda

Baking soda memiliki sifat penyerap bau yang kuat. Taburkan sedikit baking soda di permukaan piring yang bau, tambahkan sedikit air, lalu gosok perlahan dengan spons atau kain lembut.

Biarkan pasta baking soda tersebut bekerja selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

4. Rendam dengan Larutan Cuka dan Air

Campurkan larutan cuka dengan air dalam mangkuk atau wadah yang cukup besar untuk merendam piring. Rendam piring yang bau dalam larutan tersebut selama beberapa jam atau semalam.

Cuka akan membantu mengurai bau dan residu rendang yang menempel.

5. Pemakaian Kopi

Kopi bubuk bisa menjadi agen penyerap bau yang efektif. Taburkan sedikit kopi bubuk ke permukaan piring yang bau, tambahkan sedikit air, lalu gosok perlahan.

Setelah itu, cuci piring seperti biasa dengan sabun dan air.

6. Gunakan Penghilang Bau Khusus

Jika metode-metode alami tidak cukup efektif, pertimbangkan untuk menggunakan penghilang bau yang dirancang khusus untuk peralatan makan. Ikuti petunjuk pada label produk tersebut untuk membersihkan piring dari bau bekas rendang.*