Anies Ingin Aksi Bela Palestina Bergaung di Seluruh Dunia

Anies Baswedan memberikan keterangan saat mengikuti Aksi Damai Bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat, Minggu 5/11/2023 | Syahrul Baihaqi
Anies Baswedan memberikan keterangan saat mengikuti Aksi Damai Bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat, Minggu 5/11/2023 | Syahrul Baihaqi/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Calon presiden (capres) Anies Baswedan mengapresiasi masyarakat yang hadir di Aksi Bela Palestina yang digelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, 5/11/2023.

Hal itu sampaikannya setelah memberikan orasi publik di ribuan rakyat yang berdiri membela kemerdekaan Palestina.

Bacaan Lainnya

“Jumlahnya luar biasa banyak memenuhi Monas. Ini mengirimkan pesan pada dunia bahwa Indonesia tidak membiarkan saudara-saudaranya yang berada di Palestina dalam situasi teraniaya seperti yang kita saksikan hari ini,” ucap Anies di Monas, Jakarta Pusat, Minggu, 5/11/2023.

Menurut Anies, kematian rakyat Palestina, terutama anak-anak di Palestina, sama seperti kematian anak-anak Indonesia.

Anies mengaku, ia mengapresiasi langkah Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di PBB yang mewakili konsistensi dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

“Saya hormat dan salut apa yang dilakukan Kemenlu dan juga statement Menlu mewakili kita,” tuturnya.

Namun, kata Anies, tidak hanya suara Kemenlu, melainkan seluruh rakyat Indonesia harus terlibat. Dirinya berharap aksi bela Palestina hari ini dapat bergaung ke seluruh dunia.

“Karena itu aksi hari ini semoga akn bergaung ke seluruh dunia, mengirimkan pesan bahwa dari negeri paling timur di bentangan benua ini, di tempat matahari terbit di situ terbit perjuangan untuk membebaskan bangsa Palestina,” katanya.

Aksi Bela Palestina yang digelar di Monas diperkirakan dihadiri oleh 2 juta masyarakat Indonesia.

Selain itu, dihadiri juga oleh sejumlah politikus nasional mulai dari Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.*

Laporan Syahrul Baihaqi