Makan Siang Ma’ruf Amin Bareng 3 Cawapres Digelar Senin 6 November

Wakil Presiden Ma'ruf Amin
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. | | Dok Sekretariat Wakil Presiden

FORUM KEADILAN – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengundang tiga bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk makan siang bersama pada Senin, 6 November 2023.

Adapun ketiga bakal cawapres yang dimaksud ialah Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin Iskandar. Ketiganya mengonfirmasi kehadirannya.

Bacaan Lainnya

“Senin depan ini, sudah disampaikan ke masing-masing cawapres dan ketiga-tiganya sudah oke, sudah terkonfirmasi oke,” kata juru bicara Ma’ruf, Masduki Baidlowi, dalam tayangan YouTube Wapres RI, Rabu, 1/11/2023.

Makan siang tersebut akan berlangsung di Istana Wakil Presiden, yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Ma’ruf dijadwalkan akan memberikan pidato tentang pentingnya Pemilu yang damai.

“Akan makan siang bersama di Istana sini. Setelah itu, mungkin masing-masing ya selesai (makan) akan berbicara apa, tapi garis besar yang ditegaskan oleh Wakil Presiden adalah bagaimana menciptakan suasana damai, kompetisi yang sehat. Jadi kompetisi boleh, tapi jangan sampai menciptakan suasana pembelahan di masyarakat,” kata Masduki.

Masduki menyatakan, awalnya pertemuan tersebut dijadwalkan bersamaan dengan pertemuan calon presiden (capres) bersama Presiden Joko Widodo pada Senin, 30/10 kemarin. Pertemuan tersebut direncanakan berlangsung di Istana Merdeka dan Istana Wakil Presiden.

Namun, pertemuan tersebut tidak terjadi karena Ma’ruf harus melakukan kunjungan kerja ke Jambi.

“Gagasan awal sebenarnya memang Presiden dan Wakil Presiden di waktu bersamaan menerima masing-masing, tetapi kan kemudian waktu juga yang menyulitkan karena memang masing-masing punya agenda yang sudah teragendakan dan tidak mungkin tertunda, maka kemudian Presiden menyelenggarakan terlebih dahulu dan Wakil Presiden menyelenggarakan kemudian karena waktu itu ada kunjungan ke Jambi,” katanya.

Makan siang pun dijadwalkan ulang hari ini, Rabu, 1/11, namun lagi-lagi tidak bisa. Akhirnya, kata Masduki, diputuskan makan siang bersama dilaksanakan pada Senin, 6/11.

“Hakikatnya yang diinginkan pada hari ini sebenarnya, tetapi lagi-lagi tidak bisa, karena ada beberapa agenda kemudian akhirnya diputuskan pada hari Senin makan siang bersama,” pungkasnya.*