Mengenal Heat Stroke dan Penanganan Tepat di Tengah Cuaca Panas

Ilustrasi cuaca panas
Ilustrasi cuaca panas | ist

FORUM KEADILAN – Heat stroke merupakan sebuah kondisi yang terjadi ketika suhu tubuh seseorang mengalami peningkatan secara drastis hingga 41 derajat celcius dalam kurun waktu cepat, 10-15 menit dan tubuh sudah tidak bisa mengontrol suhu tubuh.

Biasanya, heat stroke terjadi ketika seorang individu terkena paparan suhu panas di luar batas yang bisa ditoleransi oleh tubuhnya.

Salah satu contoh dari paparan suhu penyebab heat stroke adalah kondisi cuaca panas ekstrim. Adapun kondisi heat stroke dapat menyerang siapapun, namun bayi dan lansia memiliki risiko lebih tinggi.

Keadann ini juga rentan dialami oleh populasi tertentu seperti atlet, tentara, dan pekerja yang menghabiskan banyak waktu dibawah terik matahari.

Cara mencegah heat stroke

Untuk menghindari heat stroke pada cuaca yang terik dan panas, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya:

  • Gunakan pakaian yang tepat
  • Menggunakan lotion ber-SPF seperti sunblock atau sunscreen
  • Banyak mengonsumsi cairan untuk menjaga kadar hidrasi tubuh
  • Menghindari aktivitas ekstrim dan berat di luar ruangan saat cuaca sedang terik

Masyarakat diharapkan untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan mereka di tengah cuaca panas ekstrem ini. Dalam situasi cuaca yang ekstrem seperti ini, keselamatan dan kesehatan masyarakat menjadi prioritas utama, dan tindakan pencegahan adalah kunci untuk menghindari heat stroke.*

 

Laporan Lulu Farha Chaerani