Kombes Ade Ungkap Hasil Pemeriksaan Firli Bahuri di Bareskrim

Kombes Ade ungkap hasil pemeriksaan Firli Bahuri
Kombes Ade ungkap hasil pemeriksaan Firli Bahuri | Ari Kurniansyah/forumkeadilan.com

FORUMKEADILAN – Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan akan melakukan langkah penyelidikan berikutnya kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (FB) dalam dugaan kasus pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Ade menilai, hasil dari pemeriksaan yang dilakukan mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.30 WIB terhadap FB di Bareskrim hari ini, pihak penyidik kepolisian akan melakukan konsolidasi sebagai langkah lanjutan pemeriksaan kasus tersebut.

Bacaan Lainnya

“Hasil pemeriksaan hari ini, yang dilakukan terhadap FB selalu ketua KPK RI, dengan kapasitasnya sebagai saksi akan dilakukan konsolidasi,” ucapnya, kepada media di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa 24/10/2023.

Ade memandang, hasil pemeriksaan FB itu, akan dikonsolidasi lebih lanjut oleh tim penyidik gabungan. Sehingga, untuk menentukan apakah keterangan tersebut masih akan diperlukan atau sudah mencukupi pemeriksaan penyidik.

Dengan demikian, apabila keterangan tersebut masih diperlukan maka, pihak kepolisian akan melakukan pemanggilan berikutnya.

“Malam ini akan dikonsolidasi lebih lanjut oleh tim penyidik gabungan, apakah keterangan saksi FB cukup atau masih diperlukan keterangan tambahan lainnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pada Senin 23/10 tim penyidik Polri juga telah melayangkan permintaan beberapa dokumen, maupun surat terhadap staf KPK untuk diserahkan sebagai mendasari izin khusus penyitaan, juga serta telah melakukan penyitaan beberapa dokumen dan surat tersebut.

“Pada senin lalu staf KPK telah memberikan permintaan penyidik berupa dokumen dan surat, juga telah menyita beberapa dokumen dan surat itu,” tutupnya.

Sebelumnya, setelah mangkir dari panggilan pemeriksaan atas kasus dugaan pemerasan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada Jumat, 20/10/2023 lalu, Ketua KPK Firli Bahuri diperiksa hari ini, 24/10.*

 

Laporan Ari Kurniansyah